Dubes AS Dorong Investasi di Sulawesi Utara

Dubes AS Dorong Investasi di Sulawesi Utara

0

wali-news.com, Manado – Sejak kedatangan Duta Besar (Dubes) AS Joseph Donovan dan istrinya Mrs. Mei Chou ke Kota Manado pada Jum’at lalu (9/3), terdapat beberapa agenda. Pada siang ini, terdapat agenda pertemuan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dengan rombongan Dubes AS. Agenda pertemuan dilaksanakan di ruang kerja Gubernur Sulut, Kantor Gubernur, Tikala, Kota Manado.

Pertemuan antara Gubernur Sulawesi Utara dengan Dubes AS berlangsung singkat dan tertutup. Namun, setelah pertemuan tertutup itu, Gubernur melakukan konferensi pers yang dihadiri beberapa media baik online maupun cetak. Dalam konferensi pers, Joe (sapaan beliau) mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sulawesi Utara untuk sambutan hangatnya selama rombongan Dubes AS berada di Manado. Selain itu, kunjungan ke Manado merupakan kunjungan yang pertama bagi Dubes yang mendapatkan tugas sejak Oktober 2016.

Pertemuan ini membahas mengenai ketertarikan AS untuk berinvestasi di Sulawesi Utara khususnya Manado dalam bidang pembangkit listrik dan pengolahan sampah. Joe juga menyatakan kemitraan AS – Indonesia yang strategis ialah kemitraan ditingkat lokal. Selain itu, Joe turut pula mendorong pemuda indonesia khususnya di sulawesi utara untuk belajar di AS. Hal ini meninjau putra Gubernur Sulawesi Utara yang baru menyelesaikan perkuliahannya di negeri Paman Sam.

Lebih lanjut beliau menyampaikan mengenai sektor pariwisata di Sulawesi Utara. Menurutnya, sektor pariwisata di Sulawesi Utara merupakan sektor yang sedang berkembang pesat. Hal ini yang menjadi perhatian pula pemerintah AS. Dengan kunjungan ini, beliau menyampaikan bahwa AS turut pula akan mendorong perusahaan-perusahaan di AS untuk berinvestasi di sektor pariwisata.

Selain sektor pariwisata, AS juga akan berinvestasi dalam bidang pengolahan sampah karena berkaitan dengan sektor pariwisata yang berkembang. Hal ini disampaikan dengan fakta bahwa bunaken yang merupakan spot diving yang tergolong bersih dari sampah. Kondisi yang bersih dan nyaman ini mendorong wisatawan untuk datang ke Bunaken. Hal ini tentu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara.
Itulah beberapa hal yang disampaikan oleh Joe pada konferensi pers. Selesainya konferensi pers, rombongan Gubernur dan Dubes AS meninggalkan tempat sekitar pukul 13.00 Wita. (Ar)

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Pemilu-Pilkada serentak 2024. MPDH: KPU Meminta Diperbesar, Diperpanjang dan tidakkah sekalian Diperkuat?

wali-news.com, Lampung – Tahapan pemilu-pemilukada serentak 2024, masih