Garam Langka, Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh: Ada Permainan Pedagang

Garam Langka, Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh: Ada Permainan Pedagang

0
Petani garam tradisional | ANTARA/Rahmad

wali-news.com, Banda Aceh – Sejak beberapa pekan terakhir pasokan garam langka di sejumlah daerah di Aceh.

Kepala Seksi Pelayanan Pengembangan Usaha Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Azhari, saat ditemui wali-news.com di kantornya, Selasa (8/9/2017), di Jalan T. Hamzah Bendahara, Gampong Kuta Alam, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh.

Menurut Azhari, kelangkaan pasokan garam disebabkan masih kurangnya produksi garam di Aceh. Begitu pun, Azhari mengaku, sebenarnya Aceh masuk dalam salah satu daerah dengan garis pantai terpanjang di Indonesia. Sangat berpotensi untuk dapat memproduksi garam sesuai dengan permintaan pasar.
Namun hal tersebut masih belum bisa memenuhi produksi garam, sebab cuma ada 1300 petani garam di Aceh. Dengan jumlah itu, Aceh cuma bisa memproduksi 650 ton garam per bulan. Sementara kebutuhan per bulannya sekitar 750 ton.

“Dari sekitar 1300 petani garam itu, rata-rata produksi per hari 20 kg. Dan semuanya masih memproduksi secara tradisional dan belum menggunakan teknologi,” kata Azhari.

Di pihak lain, kata Azhari, kelangkaan garam tidak hanya terjadi di Aceh tapi di daerah-daerah lain, yang tentu saja membuat harga melambung tinggi tinimbang sebelumnya.

Hal itu juga jadi salah satu penyebab lain kenapa Aceh langka garam seperti sekarang. Para pedagang garam malah mengumpulkannya untuk dibawa keluar Aceh sebab permintaan di sana lebih menggiurkan dari sisi keuntungan mereka.

“Jadi kelangkaan garam di Aceh juga disebabkan oleh para pedagang garam yang menjualnya keluar,” ujar Azhari.

Dari data yang ada, petani garam di seluruh Aceh tersebar di beberapa kabupaten/kota, terutama di Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Bireun, Aceh Utara, Aceh Timur, dan beberapa kabupaten lain.

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Cegah Penyebaran Covid-19, Jaksa Kejari Aceh Besar Turun ke Jalan

Wali-news, Aceh Besar – Sejumlah jaksa dari Kejaksaan