GMKI Lampung Soroti Kebijakan Walikota Bandar Lampung Yang Memecat Kepala Sekolah SMPN 16

GMKI Lampung Soroti Kebijakan Walikota Bandar Lampung Yang Memecat Kepala Sekolah SMPN 16

0

Wali-news.com, Bandar Lampung – Kabid Akspel GMKI Bandar Lampung Annes JP. Lumbantoruan menyoroti cara Walikota Bandar Lampung Herman HN dalam menyikapi pelanggaran netralitas ASN dalam masa Pilkada 2020.


“Saya melihat adanya tindakan yang tidak fair yang diambil oleh Pak Herman HN ketika menyikapi ASN yang diduga mendukung salah satu paslon dengan ASN lain yang mendukung paslon lainnya”.


Dimana disatu sisi beliau langsung mencopot PNS yang melanggar netralitas ASN tetapi keputusan tersebut melanggar UU No. 10 Tahun 2016 pasal 71 ayat 2, yang menyebutkan bahwa Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, maupun Walikota dan Wakil Walikota dilarang melakukan penggantian pejabat Enam bulan sebelum masa penetapan calon sampai akhir masa jabatan.

Pejabat yang termasuk tidak boleh dilakukan penggantian adalah pejabat fungsional yang diberi tugas tambahan memimpin Satuan/unit kerja meliputi Kepala Sekolah dan Kepala Puskesmas.


Disisi lain beliau hanya mengklarifikasi ASN lain yang melakukan pelanggaran, padahal jelas pada surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPANRB) bernomor B/71/M.SM.00.00/2017 ayat 5 yaitu PNS dilarang mengunggah, menanggapi (seperti like, komentar dan sejenisnya) atau menyebarluaskan gambar/foto bakal calon pasangan calon kepala daerah melalui media online maupun media sosial.

Seharusnya Bapak Walikota Herman HN bertindak sama tegas bagi semua ASN yang melakukan pelanggaran. Saya juga mendorong Bawaslu untuk bergerak cepat dan menindak pelanggaran yang masih terjadi di lapangan serta melakukan pengetatan pengawasan PILKADA ini.
Diketahui, mantan Kepala Sekolah SMPN 16 Bandarlampung Purwadi dicopot dari jabatannya oleh Walikota Herman HN karena diduga melakukan pelanggaran sebagai ASN terkait Pilkada.

Diduga, pencopotan itu terkait dengan beredarnya foto Purwadi dan para guru SMPN 16 Bandarlampung menerima suvenir handuk alat peraga kampanye dari tim pendukung calon Walikota Rycko Menoza. Dan sebelumnya juga tersebar informasi ada salah satu pejabat
di Pemkot Bandarlampung yang meng-share foto bergambar calon wali kota-wakil wali kota Bandarlampung nomor urut 3 Eva Dwiana-Deddy Amarullah dalam grup WhatsApp.

Editor : Ikhsan

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Jaga Kondusifitas Masuknya Barang – Barang Terlarang ,Lapas Kota Agung Adakan Razia Rutin Kamar Hunian WBP

wali-news.com, Tanggamus – Jaga kondusifitas dari barang-barang terlarang