Gubernur Aceh : Ketersediaan DAK Bukan Untuk Menggantikan, Tapi Memperkuat Program Yang Didanai APBD

Gubernur Aceh : Ketersediaan DAK Bukan Untuk Menggantikan, Tapi Memperkuat Program Yang Didanai APBD

0
Gubernur Aceh, Zaini Abdullah

wali-news.com, Banda Aceh – Gubernur Aceh, Zaini Abudullah melalui Asisten Administrasi Umum Setda Aceh, Kamaruddin Andalah mengatakan, Dana Alokasi Khusus (DAK) merupakan anggaran yang bersumber dari APBN untuk digunakan mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan pemerintah daerah yang menjadi prioritas nasional.

“Ketersediaan DAK bukan untuk menggantikan, tapi lebih bersifat memperkuat program-program  yang didanai oleh APBD. Tahun ini DAK juga dialokasikan untuk penguatan program kependudukan dan keluarga berencana di berbagai wilayah,” kata Kamaruddin dalam sambutannya pada pembukaan Sosialisasi dan Konsultasi Pelaksanaan Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Sub Bidang Keluarga Berencana Tahun 2017, di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh, Rabu (1/2/2017) malam.

Dia melanjutkan, pemanfaatan anggaran ini harus sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, sosialisasi ini penting untuk diikuti sebagai acuan agar dapat memahami ketentuan tentang pemanfaatan DAK, sehingga keberadaannya mampu mendorong suksesnya pembangunan keluarga dan program KB di tingkat daerah.

“Salah satu prioritas nasional yang sangat membutuhkan penguatan di tingkat daerah adalah penerapan program Nawa Cita butir ke-5, yaitu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, dalam hal ini, salah satu upaya yang dilakukan adalah penguatan program keluarga berencana melalul peningkatan sarana pelayanan komunikasi, informasl dan edukasi,” tambahnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

GEMAS di Aceh Tengah, Dinsos Aceh Distribusikan 39.125 Masker Kain dan 10.785 Masker Medis

Wali-news, Aceh Tengah – Pemerintah Aceh melalui Dinas