Guru Sekolah Dasar Dilatih Siaga Bencana

Guru Sekolah Dasar Dilatih Siaga Bencana

0

MEULABOH (Wali-News.com) – Para guru dari sejumlah Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Mereubo, Aceh Barat, dilatih siaga bencana, kegiatan berlangsung di aula kantor kecamatan setempat, Senin (24/9/2018).

Program yang digelar Yayasan Saluran Intrrnasional atau International Channel Foundation itu merespon kesiagaan yang jarang ditujukan bagi siswa sekolah dasar.

“Program ini hanya kita langsungkan di daerah bekas Tsunami, salah satunya di Aceh Barat, namun hanya fokus pada kesiagaan para guru ketika terjadi bencana,” ujar Syarbani ketua yayasan perwakilan Aceh di Meulaboh.

Dijelaskannya, para guru akan dibekali berbagai ilmu kebencanaan, agar saat mereka mengajar di sekolah nantinya terjadi suatu bencana seperti gempa, agar para tenaga didik tersebut tidak panik.

Menurutnya, selama ini program siaga kebencanaan tidak memperhatikan lingkup SD, ketika terjadi peristiwa para guru dan siswa biasanya akan panik dalam menyelamatkan diri.

“Hal seperti meminimalkan untuk jatuh korban, yang kita sampaikan agar para guru di SD ketika terjadi bencana dengan mudah melakukan Evakuasi dini terhadap siswa,” katanya.

Usai pembekalan secara teori, pihaknya akan melakukan simulasi di SD terdekat, tujuan simulasi untuk memastikan bahwa kesiagaan para guru ikut terbina lebih matang.

“Kita juga akan buat sekolah siaga bencana, yakni seluruh SD yang ada akan di kecamatan,” tutur Syarbani. (Red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Agil Mughni dan Aida Sasmitha Duta Pelajar Sadar Hukum Aceh 2021

Wali-news.com, Banda Aceh – Agil Mughni dari Kota