Heart Indonesia Salurkan Bantuan Tangki Air Bagi Pengungsi Gempa Pijay

Heart Indonesia Salurkan Bantuan Tangki Air Bagi Pengungsi Gempa Pijay

0

wali-news, Banda Aceh – Help and Response Team (Heart) Indonesia, memberikan bantuan kepada korban gempa di Kabupaten Pidie Jaya (Pijay). Koordinator Lapangan Heart Indonesia, Afrizal mengatakan, bantuan tersebut berupa tangki air (watertank) atau penampungan air bersih di posko pengungsian.

“Bantuan tangki air berkapasitas 5000 liter ini, sudah kita serahkan ke posko pengungsian di kawasan Gampong Deah Ujong Baroh, Kecamatan Trienggadeng, Pidie Jaya dan sudah diterima oleh masyarakat di gampong tersebut,” ujarnya, Jumat (16/12) malam.

Afrizal menjelaskan, selain di Gampong Deah Ujong, bantuan tempat penampungan air bersih tersebut juga akan diberikan di lima titik pengungsian korban gempa yang berada di dua kabupaten lainnya yakni Bireuen dan Pidie.

“Ada lima titik pemberian bantuan tangki air yang akan kita berikan, tetapi baru satu unit yang telah didistribusikan kepada para pengungsi dan empat unit lainya akan segera diberikan dalam waktu dekat ini,” jelasnya.

Heart Indonesia, lanjutnya, merupakan komunitas yang terdiri dari mantan relawan kemanusiaan yang pernah bekerja di Aceh, pada masa rehabilitasi dan rekontruksi Aceh-Nias beberapa tahun lalu. Heart Indonesia beranggotakan mantan pekerja relawan yang pernah bekerja di Aceh pada masa rehab-rekon dulu yang merupakan pekerja dari luar Aceh dan luar negeri.

“Terbentuknya komunitas ini sendiri, atas kepedulian mantan pekerja relawan terhadap musibah gempa di Pijay dan berfokus pada program water and sanitation,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, sebelumnya, tim ahli yang terdiri dari spesialis water and sanitation, Susanto dan Tito Syafzanuar dari sipil engineer serta Eddy Husnizal telah melakukan survei  dan air bersih merupakan salah satu kebutuhan bagi para pengungsi.‎

“Di tempat pengungsian tidak ada air bersih dan kalau ada penyaluran air bersih oleh PDAM, mereka tidak ada tempat penampungannya,” tambah Afrizal.

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

KBMA Gruduk Mabes Polri Desak Kapolda Aceh Di Copot

Wali-news, Jakarta –KBMA Nusantara ( Koalisi Barisan Muda