Indeks Kualitas Udara di Bandarlampung Membaik Sejak Pandemi Covid-19

Indeks Kualitas Udara di Bandarlampung Membaik Sejak Pandemi Covid-19

0

Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Lampung menyebut indeks kualitas udara di Bandarlampung membaik selama masa pandemi Corona Viruses Desease (Covid-19).

Direktur Walhi Lampung Irfan Tri Musri mengatakan berdasarkan Data Walhi Lampung, Air Quality Index (indeks kualitas udara) kota Bandarlampung selama kurun waktu 16 Maret hingga 12 April 2020 menunjukan angka rata-rata 41,64 dari ambang batas polusi udara di angka seratus. Hal itu sangat jauh berbanding dengan indeks pencemaran di akhir tahun 2019 yang menunjukan angka 80.

“Dari sini dapat kita tarik kesimpulan sementara bahwa aktivitas urban sangat berpengaruh terhadap kualitas udara dan lapisan Ozon kita, meminimalisir penggunaan kendaraan dan aktivitas industri dapat membantu bumi agar lebih baik,” jelas Irfan.

Ia juga mengimbau masyarakat semakin peduli dengan bumi melalui gaya hidup yang menjaga kelestarian lingkungan, mengurangi polusi udara serta mengurangi penggunaan sampah plastik.

“Oleh karena itu mari kita bersama sama menjaga, merawat dan melestarikan bumi kita yang bisa kita lakukan dengan hal-hal kecil seperti mengubah pola gaya hidup ramah lingkungan,” imbaunya.

Selama situasi pandemi, Irfan juga menyebut penelitian NASA bahwa lapisan ozon bertambah tebal akibat kurangnya polusi, begitu juga dengan jakarta yang saat ini langitnya lebih cerah dan biru. “Artinya ada situasi global yang sama dialami seluruh penduduk dunia, semacam memberi jeda pada planet Bumi untuk melakukan healing dari hiruk pikuk eksploitasi dan pencemaran lingkungan,” pungkasnya.

Editor : Ikhsan

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

300 Pelajar Barsel Ikuti Vaksinasi Covid dari BINDA Kalteng

Wali-news.com. Ratusan pelajar dari sejumlah sekolah di Kabupaten