INDONESIA NEGARA PENCEMAR LAUTAN NOMER 2, SAATNYA KURANGI PEMAKAIAN PLASTIK

INDONESIA NEGARA PENCEMAR LAUTAN NOMER 2, SAATNYA KURANGI PEMAKAIAN PLASTIK

0

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jenna R. Jambeck dari University of Georgia, pada tahun 2010 ada 275 juta ton sampah plastik yang dihasilkan di seluruh dunia. Dari sampah plastik sebanyak itu, sekitar 4,8-12,7 juta ton diantaranya terbuang dan mencemari laut.

Indonesia sendiri setiap tahunnya menghasilkan 3,22 juta ton sampah plastik yang dihasilkan oleh masyarakat pesisir yang berjumlah 187,2 juta penduduk. Akibat sampah yang tidak terkelola dengan baik, sekitar 0,48-1,29 juta ton dari sampah plastik tersebut mencemari lautan kita.

Dengan jumlah tersebut Indonesia menempati urutan ke –dua sebagai negara pencemar plastik ke laut di dunia. Padahal jumlah penduduk kita jauh lebih sedikit dibandingkan India. Bayangkan saja pencemaran plastik ke laut India hanya sekitar 0,09-0,24 juta ton/tahun dan mereka menempati urutan ke 12. Miris kan guys!

Sebenarnya salah satu penyebab masalah ini adalah produk minuman yang menggunakan plastik sekali pakai sebagai packaging, dan juga plastik untuk belanja di minimarket.

Seramnya lagi pencemaran plastik di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat. Faktanya industri minuman di Indonesia merupakan salah satu sektor yang pertumbuhannya paling pesat. Pada kuartal I/2019, pertumbuhan industri pengolahan minuman mencapai 24,2% secara tahunan.

Dari data diatas sudah saatnya kita melakukan perubahan. Solusi yang paling mungkin yang bisa kita lakukan bersama adalah dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Yuk kita beralih menggunakan botol minuman dan keranjang belanja sendiri. Sudah saatnya kita  merubah kebiasaan membawa plastik menjadi membawa tempat minum pribadi dan tas belanja dari rumah. Manfaatnya tidak hanya untuk lingkungan kita saja, tapi juga untuk diri sendiri jadi lebih hemat lho… Yuk kita mulai dari hari ini. (Ikhsan)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Makassar Hanya Karantina Parsial, Tidak Lockdown

wali-news.com, Makassar – Pj Wali Kota Makassar, Iqbal