Informasi Tertutup Kepala Desa di Laporkan Ke PPID

Informasi Tertutup Kepala Desa di Laporkan Ke PPID

0

wali-news.com, Seumeulu – Kepala Desa Situbuk dilaporkan ke Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Simeuleu.

Diduga adanya penyelewengan anggaran dana desa yang dikelola oleh BUMDED dalam bentuk simpan pinjam sampai saat ini tidak diketahui perkembangannya. dalam siaran tertulis, diterima redaksi media ini. Kamis, (20/12/18).

Roni Atanta Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi negara FISIP UTU, asal desa Situbuk kabupaten Simeulue, menyampaikan kekesalan atas tidak terbukanya informasi publik terkait pengelolaan anggaran keuangan di desanya.

Menurut Roni, mengacu pada UU nomor 14 tahun 2014 telah melakukan uji akses, dengan mengirimkan surat permohonan sejumlah informasi berkenaan dengan pengelolaan BUMDES dan di ajukan ke kantor desa dan kantor Badan Permusyawaratan desa (BPD) desa Situbuk Kabupaten Simeuleu pada bulan lalu.

Hingga tujuh hari masa kerja dari tanggal saya mengajukan permohonan 2 November 2018, namun tidak dipenuhi hingga sepuluh hari dari masa kerja 6 Desember 2018 sudah terhitung selama13 hari masa kerja”, Jelasnya.

Sementara Roni, meminta kepada ketua BPD, yaitu visi dan misi, serta implementasi program kerja setelah beliau menjabat periode 2016 sampai 2018, dan data alokasi Dana Desa yang di alokasikan ke kas BPD Desa Situbuk juga realisasinya,” sebut dia.

“Namun permohonan tersebut di tolak oleh Kepala Desa dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa(BPD). Seharusnya mereka membalas Surat tersebut karena secara Adminitrasi itu Resmi dan tembusannya pun ke KIA, Bupati Simeulue, DPMD Kab Simeulue, dan Camat Kec. Teupah Tengah”, Ungkapnya.

Terkait penolakan tersebut, saya telah melaporkan dugaan ketidakbukaan informasi publik di instansi pemerintah desa tempatnya tinggal. Surat keberatan dilayangkan belum lama ini ke Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) kabupaten setempat, Ujarnya.

Roni berharap, Pemerintah Kabupaten Simeulue menegur kepala desa dan Ketua BPD Desa Situbuk karena dinilai tidak menghormati undang-undang yang berlaku.

“Saya selaku masyarakat Desa Situbuk, berharap sekali kepada bapak bupati Simeulue untuk benar benar menindak aktifitas pejabat desa maupun lembaga di Desa Situbuk, karena banyak sekali informasi yang tidak transparan terkesan ada kejanggalan dalam pengelolaan anggaran BUMDES dan Dana Desa,” pungkasnya. (Red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Nekat Melintasi Perbatasan Untuk Mudik, 22 Orang Diswab Antigen, 1 Reaktif

Wali-news.com, Aceh Tamiang – Petugas gabungan yang terdiri