Inilah Prestasi Dinas Pendidikan Aceh 2 Tahun Pemerintahan Irwandi-Nova

Inilah Prestasi Dinas Pendidikan Aceh 2 Tahun Pemerintahan Irwandi-Nova

0
Kadisdik Aceh, Syaridin, S.Pd, M.Pd, saat sambut kepulangan sang juara, di Bandara Internasional SIM, Aceh Besar, Jumat (28/06).

wali-news.com Banda Aceh – Dalam mewujudkan visi misi Pemerintah Aceh dalam dunia pendidikan yaitu Aceh Carong (pintar), melalui Dinas Pendidikan Provinsi  Aceh terus bersungguh-sungguh mewujudkan Aceh Carong menuju Aceh Hebat.

Lihat saja, Provinsi Aceh berhasil merebut enam gelar juara pada event Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019, yang dihelat di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung pada 23-28 Juni 2019.

Apresiasi GTK PAUD dan DIKMAS adalah lomba yang dilaksanakan dalam rangka pemberian penghargaan kepada Guru dan Tenaga Kependidikan pada lembaga PAUD dan juga pada lembaga pendidikan masyarakat.

Kegiatan lomba tersebut setiap tahunnya di laksanakan mulai tingkat Kabupaten/Kota hingga ke tingkat Nasional. Tahun 2019 tingkat nasional di laksanakan di Bangka Belitung mulai tanggal 23  sd 28 juni 2019.

Provinsi Aceh berhasil mendapatkan dua gelar juara I masing-masing juara Tutor Keaksaraan dan juara Tenaga Kependidikan PAUD Khusus. Selain itu, Provinsi Aceh juga meraih empat gelar juara yaitu Juara III Guru KB/TPA/SPS, juara II  Instruktur Komputer, juara III Pamong Belajar SKB dan juara III Pengelola TBM.

Kegiatan tersebut di tutup Dirjen GTK  PAUD dan DIKMAS Dr. Ir. Harris Iskandar Ph.D. Pada kegiatan penutupan tersebut di serahkan Pataka untuk tuan rumah tahun 2020 yaitu provinsi Aceh.

Perwakilan dari Dinas Pendidikan yang menerima Pataka tersebut yaitu Zulkifli S.Pd. M.Pd, Kabid Pembinaan SMA dan PKLK atas nama Kepala Dinas Pendidikan Aceh.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, S.Pd, M.Pd, saat menyambut kepulangan sang juara di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Blangbintang, Aceh Besar, Jumat (28/06/2019) menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang telah dicapai itu.

“Tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya yaitu dari peringkat enam menjadi peringkat lima. Untuk itu, kepada pemenang tingkat nasional ini, Pemerintah Aceh akan mengusulkan penghargaan Umrah yang akan diusulkan pada anggaran 2020 nanti,” ujarnya.

Pihaknya mengaku terus melakukan persiapan untuk menjadi tuan rumah tingkat naional, dengan memupuk harapan dapat terlaksana dengan sukses pelaksanaan dan juga sukses hasilnya.

“Tentunya kita membutuhkan dukungan dari semua pihak dalam rangka mendukung pelaksanaan tingkat nasional itu. Sehingga, akan mengharumkan Provinsi Aceh di level nasional,” kata Kadisdik Aceh, Syaridin, S.Pd, M.Pd.

Siswa SMA Aceh Rebut Enam Gelar Juara Tingkat Nasional

Prestasi kembali dipersembahkan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dari Provinsi Aceh di tingkat nasional. Kali ini sebanyak enam gelar juara berhasil diraih kontingen Aceh pada Olimpiade Sains Nasional jenjang SMA yang di gelar di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Mereka yang berhasil meraih juara di tingkat nasional masing-masing yaitu, medali Perak Fisika diraih Ilham Darni (SMA Fatih Bilingual School), medali Perunggu Matematika Ahmad Faqih (SMA Fatih Bilingual School), medali Perunggu Informatika Hamlul Khair (SMAN Modal Bangsa Aceh), medali Perunggu Informatika Sulthan Afif (SMAN Modal Bangsa Aceh), medali Perunggu Astronomi Mikhail Gibran (SMAN Modal Bangsa Aceh) dan medali Perunggu Kebumian diraih Mashita (SMA Fatih).

Tentu saja bukan perkara mudah untuk dapat meraih gelar juara di tingkat nasional, karena atlet dari daerah berjuluk bumi Serambi Mekkah ini harus berkompetisi menghadapi 33 provinsi lainnya di Indonesia yang juga ikut berkompetisi pada ajang tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, S.Pd, M.Pd didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh, Muslem, S.Ag, M.Pd, Kabid Pembinaan SMA dan PKLK, Zulkifli, S.Pd, M.Pd dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Bidang Pembinaan SMA dan PKLK Dinas Pendidikan Aceh, Syukri, S.Sos, menjemput langsung kepulangan kontingen Aceh, Sabtu (06/07/2019) malam, di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blangbintang, Aceh Besar.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, S.Pd, M.Pd, menyampaikan bahwa keberhasilan yang diraih siswa-siswi yang mewakili Provinsi Aceh pada Olimpiade Sains Nasional jenjang SMA merupakan suatu yang spektakuler.

“Alhamdulillah sesuai dengan apa yang kita inginkan, mereka anak-anak kita berhasil meraih enam penghargaan di tingkat nasional. Walaupun belum mendapat emas, tetapi saya yakin apabila kita terus melakukan pembinaan maka kedepan mereka akan mampu meraih emas,” ujar Kadisdik Aceh.

Menurutnya, peluang meraih prestasi pada event berikutnya sangat diyakini. Hal ini dilihat dari usia dan peserta didik tersebut masih duduk di kelas X, artinya masih ada peluang bagi mereka untuk meraih prestasi. Sebab, mereka sudah memiliki pengalaman pada tahun ini.

“Tinggal bagaimana memperdalam. Isnya Allah, Aceh kalau semua kita mendukung, termasuk masyarakat, maka cita-cita anak-naka kita akan terwujud,” katanya.

Masih kata Kadisdik Aceh, melalui prestasi yang diraih ini, setidaknya sudah mengantarkan mereka untuk menuju Perguruan Tinggi. Sebab, dengan selembar sertifikat penghargaan prestasi, apalagi ini bidang akademik tingkat nasional, menjadi kunci bagi mereka.

Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Aceh, kata Kadisdik Aceh, pada setiap bidang yang dilombakan atau yang diapresiasikan, selalu memberikan penghargaan dalam bentuk Tropi, uang pembinaan.

“Untuk anak-anak kita yang berhasil meraih penghargaan di tingkat Nasional dan Internasional juara I, II dan III, Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Aceh akan memberikan penghargaan pada momentum hari Pendidikan Daerah (HARDIKDA) setiap tanggal 2 September,” katanya lagi.

Pelajar Aceh Rebut Empat Juara Pada LKS Tingkat Nasional 2019

Pelajar Aceh raih empat medali pada Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tingkat nasional tahun 2019 yang berlangsung di Yogyakarta, pada 7-13 Juli 2019.

Kontingen Aceh meraih dua medali perak dan dua perunggu, masing-masing diraih Febri Yanti siswi SMKN 1 Kutacane, juara II lomba Hairdressing dan Muhammad Bilal Arve siswa SMKN 1 Banda Aceh, juara II lomba Grapic Design Technology.

Sedangkan peraih medali perunggu masing-masing Syaiful Mahdi Hasihwan siswa SMKN 2 Banda Aceh, juara III lomba CNC Milling serta M. Rianda Saputra siswa SMKN 2 Langsa, juara III lomba Plumbing and Heating.

Kepulangan para juara bersama seluruh kontingen Aceh disambut Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh, Muslim Yacob bersama pejabat Disdik lainnya, Sabtu (13/7) sore di Bandara Internasional SIM, Blang Bintang, Aceh Besar.

Dalam penyambutan para juara itu, Muslim Yacob mengalungkan bunga kepada pelajar Aceh yang berhasil meraih medali pada Lomba tingkat nasional. Ia mengapresiasi pelajar yang berhasil meraih juara tingkat nasional.

“Alhamdulillah, pelajar Aceh mampu meraih medali meski bersaing dengan pelajar dari 34 provinsi di Indonesia yang mengikuti LKS SMK yang kegiatan lombanya dipusatkan di Jogja Expo Center (JEC),” ujar Muslim Yacob.

Karena itu, ia berharap apa yang telah diraih pelajar Aceh tahun ini bisa dipertahankan dan mudah-mudahan dapat ditingkatkan pada lomba LKS SMK nasional tahun depan yang merupakan even rutin digelar Kemendikbud.

Pemerintah Aceh, katanya, melalui Dinas Pendidikan Aceh, akan memberikan penghargaan kepada peraih juara tingkat nasional maupun internasional pada peringatan Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) yang dilaksanakan pada 2 September.

Pada LKS SMK tingkat nasional tahun 2018 yang digelar di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pelajar Aceh meraih dua medali, yakni satu medali emas dan satu medali perunggu.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Ketua Kadin Aceh Paparkan Konsep Strategis Pembangunan Aceh Kedepan

wali-news.com, Banda Aceh – Kamar Dagang dan Industri