Irwandi Yusuf Promosi Investasi Aceh di Moskow

Irwandi Yusuf Promosi Investasi Aceh di Moskow

0
Irwandi Yusuf berbicara di acara Russia-Indonesia Forum Business di Hotel Intercontinental, Moskow, Jumat (4/8/2017) | Dok. Pribadi Irwandi Yusuf

wali-news.com – Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf memaparkan peluang investasi di Aceh di depan para pengusaha Rusia di Hotel Intercontinental, Moskow, Jumat (4/8/2017). Pemaparan tersebut berlangsung dalam “Festival Indonesia 2017” yang dimulai hari Jumat (4/8) dan diawali dengan agenda Forum Bisnis.

Acara itu dibuka resmi oleh Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, Muhammad Wahid Supriyadi, dengan tema Visit Indonesia: Enjoy Its Diversity. Hadir juga Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita, sebagai pembicara kunci (keynote speaker) pada Forum Bisnis tersebut.

Gubernur Irwandi Yusuf juga diundang sebagai salah seorang pembicara pada Forum Bisnis. Ia menyampaikan perkembangan dan peluang investasi di Aceh kepada para pebisnis Rusia, khususnya peluang berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe. Termasuk peluang investasi strategis lainnya di sektor minyak dan gas, petrokimia, agroindustri (kopi), dan pariwisata.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh, Ir Iskandar MSc yang hadir ke acara itu melaporkan, pemaparan Gubernur Aceh mendapat perhatian luar biasa dari peserta Forum Bisnis. Sembari pidato Irwandi Yusuf juga ditampilkan tayangan branding wisata Aceh melalui film The Light of Aceh (Cahaya Aceh) berisi pesona alam dan keunikan budaya Aceh, garapan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Drs Reza Fahlevi MSi yang juga ikut dalam rombongan Gubernur Aceh ke Moskow.

Seperti dikatakan Irwandi, selama ini Rusia menerapkan keterbukaan informasi, sistem politik, dan ekonomi di bawah kepemimpinan Presiden Vladimir Putin melalui kebijakan Looking East yang memberikan perhatian besar kepada negara-negara di Asia dan Pasifik. Seiring dengan itu, hampir 35 juta dalam setahun warga negara Rusia melakukan perjalanan wisata ke luar negeri.

“Nah, hal ini sudah seharusnya menjadi peluang emas bagi Aceh untuk mengajak pebisnis atau investor Rusia melakukan investasi di Aceh,” ujar Irwandi seperti dilaporkan Ir Iskandar MSc.

Irwandi juga menyinggung, kehadiran investor Rusia akan mendukung percepatan Sabang sebagai Destinasi Wisata Bahari Internasional. “Ini mutlak diperlukan dengan mengutamakan berbagai kemudahan investasi,” tambah Irwandi optimis.

Keikutsertaan Aceh pada Festival Indonesia 2017 ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan kemajuan dan perkembangan ekonomi Aceh, khususnya bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata, sekaligus mendorong interaksi langsung antara pelaku bisnis, seperti pengusaha kopi arabika dengan pebisnis Rusia.

 

[Sumber: aceh.tribunnews.com]

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Cegah Penyebaran Covid-19, Jaksa Kejari Aceh Besar Turun ke Jalan

Wali-news, Aceh Besar – Sejumlah jaksa dari Kejaksaan