Kampus UTU Dan STAIN Memperingati Hari Pancasila, Kecuali AKN

Kampus UTU Dan STAIN Memperingati Hari Pancasila, Kecuali AKN

0

wali-news.com, Meulaboh – Universitas Teuku Umar (UTU) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) melaksanakan kegiatan upacara memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2019, dan diikuti seluruh Pimpinan, civitas akademika serta dosen di kampus tersebut.

Kegiatan yang serupa juga terlihat di halaman kantor Bupati Aceh Barat, seluruh kepala dinas, pegawai dan PNS ruang lingkup pemerintah daerah kabupaten Aceh Barat, ikut menghadiri dan melaksanakan upacara peringati hari Pancasila.

Kegiatan itu menjadi Wajid dilaksanakan setelah keluarnya Surat Edaran Kepala BKN bernomor B.116/Ka.BPIP/05/2019, tentang pelaksanaan upacarapacara memperingati Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2019 menyebutkan, “Seluruh pegawai BKN wajib mengikuti upacara bendera di Kantor Pusat BKN dan Kantor Regional BKN I-XIV, serta di Pusat Pengembangan BKN”.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin, menyampaikan akan ada sanksi bagi PNS yang bolos. Sanksinya yakni sesuai PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Di kampus UTU, pelaksanaan upacara memperingati hari lahirnya Pancasila berlangsung hikmat, yang dipimpin langsung oleh Rektor Prof. Jasman J. Ma’ruf, dalam pidatonya, melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019. Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber Inspirasi ‘politik harapan’ dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia,” ujar Prof Jasman.

Setelah itu Rektor Jasman didampingi oleh Wakil Rektor 2 dan 3 serta Para Dekan dalam lingkup UTU menyerahkan sebanyak 83 SK CPNS untuk formasi 2019 kepada pegawai.

Dalam pengarahannya, bahwa mulai pada hari ini 1 juni saudara saudara sudah mulai berkerja dan mulai aktif aktifitas di UTU.

“Sekarang saudara saudara sudah menjadi keluarga besar UTU dan mempunyai tanggungjawab bersama dalam memajukan UTU, menjadi sumber inspirasi dan referensi bagi masyarakat,” Sebutnya.

Disisi lain hal tersebut tampak berbeda dengan kampus Akademi Komunitas Negeri (AKN), yang letaknya bersebelahan dengan UTU, area kampus terlihat begitu sepi tanpa ada kegiatan apapun di sekitar kampus itu.

Dari amatan wali-news.com, pada sabtu (1/6/19), kampus AKN terlihat tidak melaksanakan kegiatan upacara memperingati hari lahirnya Pancasila, karena tidak ada aktivitas apapun yang terlihat di dalam kampus, dan tampak begitu sepi bahkan tidak ada satu orangpun satpam yang berbeda ditempat.

Dengan tidak melaksanakannya upacara tersebut, kampus AKN seperti telah mengabaikan surat himbauan menteri PAN-RB Nomor B.116/Ka.BPIP/05/2019, yang menyebutkan,”Seluruh pegawai BKN wajib mengikuti upacara bendera di Kantor Pusat BKN dan Kantor Regional BKN I-XIV, serta di Pusat Pengembangan BKN“.

Bukan hanya itu, Seluruh civitas akademika kampus AKN bahkan tidak menjalankan arahan menteri PAN-RB terkait PP 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS dan sesuai Keppres maka para pejabat dan pegawai dilingkungan Lembaga, kementerian dan pemerintah daerah wajib mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila. (OS)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Alami Lumpuh, Nurdin Warga Butuh Cot Jurumudi Arongan Lambalek Butuh Perhatian

wali-news.com, Meulaboh – Sejak jatuh sakit, kondisi Nurdin