Kanji Rumbi Panganan Tradisional Berbuka Puasa Warga Gampong Laksana Yang Masih di Lestarikan

Kanji Rumbi Panganan Tradisional Berbuka Puasa Warga Gampong Laksana Yang Masih di Lestarikan

0

Walinews-Banda Aceh

Puasa merupakan bulan yang di nanti oleh warga Aceh umumnya,selain menjanjikan pahala yang berlimpah yang tidak dibltemukan di bulan lain,bulan puasa juga menawarkan berbagai macam pesona kuliner yang beraneka ragam jenisnya.

Mulai macam jajanan dari yang modern hingga kue mueh traditional yang kini masih dinlestarikan sebagai makanan khas yang di temukan saban puasa.

Sebut saja kanji rumbi yang merupakan bubur traditonal kini tetap di lestarikan oleh warga Gampong Laksana,Kecamatan Kuta Alam ,Banda Aceh.

Kanji rumbi merupakan makanan tradisional yang terun menurun kini masih di lestarikan di Gamong tersebut.

Untuk mendapatkan citrarasa khas dan spesifik Aceh,warga setempat bahkan rela mendatangkan juru masak dari luar daerah.

Ketua pelaksana jamuan puasa Mesjid Gampong Laksana Banda Aceh,Tgk Fajri M Jakfar menjelaskan,kanji rumbi merupakan menu wajib di Gampong Laksana bila puasa tiba.

kanji rumbi sudah menjadi tradisi tiap puasa di Gampong Laksana,tepatnya di Mesjid Al huda,karena ini merupakan makanan khas tradisional milik Aceh yang harus kita lestarikan”,Ucap Tgk Farji.

Ditambahkan,kanji yang kita buat ini untuk lima ratus orang per sekali masak,kalau kita anggarkan dari rupiahnya sekitar Tujuh Ratus Lima puluh ribu rupiah.

Program yang kita laksanakan ini merupakan donasi dari warga gampong Laksana dan para dermawan.

Kita berharap khususnya pemerintah Kota Banda Aceh agar tradisi kanji rumbi ini dapat di lestarikan,karena ini merupakan adat dan tradisi kita,Pinta Tgk Fajri.

Sementara hasanuddin juru masak khas kanji rumbi warga asal Pidie Jaya,kepada wali-news,com menjelaskan,bahan bahan yang di gunakan merupakan seratus persen herbal yang sengaja di datangkan dari daerahnya.

Ini merupakan rempah terbaik yang alami dan organic,” makanya cita rasa kanji rumbi kita rasanya khas dan berbeda dari yang lain,karena kita memakai rempah asli dan alami,ya tentunya baik untuk kesehatan kita” ,Tutup Toke Din yang kerap di sapa warga sekitar.(WW)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Kejari Aceh Besar Musnahkan Ratusan Barang Bukti Kejahatan

Wali-news, Aceh Besar– Sedikitnya Ratusan barang bukti tindak