Kapal Militer AS Tabrakan dengan Kapal Tanker, 10 Tentara Hilang

Kapal Militer AS Tabrakan dengan Kapal Tanker, 10 Tentara Hilang

0
Source. Reuters

wali-news.com –  Sebuah kapal militer Amerika Serikat (AS) bertabrakan dengan kapal tanker di perairan dekat Singapura. Sedikitnya 10 tentara AS hilang usai insiden ini terjadi.

Kapal penghancur rudal milik AS, USS John McCain, bertabrakan dengan kapal niaga Alnic MC pada Senin (21/8) pagi, sekitar pukul 05.24 waktu setempat. Insiden ini terjadi di perairan sebelah timur timur Singapura, dekat Selat Malaka.

“Kapal penghancur rudal USS John S MccCain (DDG 56) terlibat tabrakan dengan kapal niaga Alnic MC, saat berlayar di perairan timur Selat Malaka dan Singapura pada 21 Agustus,” demikian pernyataan Angkatan Laut AS, seperti dilansir AFP, Senin (21/8/2017).

“Laporan awal mengindikasikan John S McCain mengalami kerusakan di bagian port side aft (bagian kiri belakang kapal),” imbuh pernyataan itu.

Angkatan Laut AS menyebut, insiden ini memicu korban luka dan korban hilang. Upaya penyelamatan dilakukan dengan melibatkan kapal tongkang, helikopter, kapal patroli laut dan pesawat militer AS.

“Saat ini ada 10 pelaut yang hilang dan lima orang lainnya luka-luka. Upaya pencarian dan penyelamatan masih berlangsung dengan berkoordinasi dengan otoritas lokal,” sebut Angkatan Laut AS dalam pernyataan itu.

Saat insiden ini terjadi, kapal militer AS itu sedang berlayar ke pelabuhan Singapura dalam misi kunjungan rutin. Kapal AS ini bertabrakan dengan sebuah kapal tanker berbendera Liberia seberat 30 ribu ton, yang digunakan untuk membawa minyak dan zat kimia.

Pemicu tabrakan ini masih diselidiki. Namun usai tabrakan, kapal militer AS ini mampu berlayar dengan tenaganya sendiri menuju pelabuhan Singapura. “Besarnya kerusakan dan jumlah personel yang luka-luka masih diperiksa. Insiden ini akan diselidiki,” imbuh Angkatan Laut AS.

Kapal militer ini diberi nama sesuai nama Senator senior AS dari Partai Republik, John McCain, yang juga purnawirawan militer AS. McCain bersama istrinya mendoakan para pelaut AS yang ada di kapal itu, usai mendengar kabar terjadinya tabrakan.

Insiden ini merupakan insiden kedua yang melibatkan kapal perang AS dalam dua bulan terakhir. Pada 17 Juni lalu, tujuh tentara AS tewas usai kapal penghancur rudal USS Fitzgerald bertabrakan dengan kapal kargo berbendera Filipina di dekat perairan Jepang.

 

detik.com

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Cegah Penyebaran Covid-19, Jaksa Kejari Aceh Besar Turun ke Jalan

Wali-news, Aceh Besar – Sejumlah jaksa dari Kejaksaan