Kerusakan Akibat Gempa Pijay Capai 7.814 Rumah

Kerusakan Akibat Gempa Pijay Capai 7.814 Rumah

0

wali-news, Banda Aceh – Plt. Gubernur Aceh, Soedarmo menetapkan Kepala BPBA, Said Rasul sebagai Komandan Tanggap Bencana. Selain itu, Soedarmo juga meminta semua instansi bekerjasama menangani para korban dan juga proses rekonstruksi pasca bencana.

Sejauh ini, Pemerintah Aceh telah melakukan berbagai upaya penanganan. Di antaranya dengan menetapkan status gempabumi tersebut sebagai bencana dengan status darurat provinsi. Melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh, pemerintah juga telah mendirikan tenda gudang untuk ruang kelas belajar sementara di SMK Paro Pidie Jaya dan di Pesantren Mudi Mesra Samalanga, Bireuen.

Laporan Pos Komando, Jum’at (16/12), melansir ada 7.814 rumah yang rusak di tiga kabupaten tersebut. Rinciannya, di Pidie Jaya 741 rumah rusak berat, 865 rusak sedang sementara 4.755 rusak ringan. Untuk Kabupaten Bireun, 195 rumah rusak berat, 208 rusak sedang, 519 rusak ringan dan 200 dikategorikan rusak. Untuk Kabupaten Pidie dilaporkan ada 30 rumah rusak berat, 386 rusak ringan dan 200 lainnya dalam kategori rusak.

Sementara itu, hasil pendataan sementara rumah warga yang rusak yang telah didata untuk menerima bantuan stimultan perbaikan kerusakan rumah akibat gempabumi adalah 981 unit. Di Pidie Jaya telah didata 131 rumah rusak berat ddan 142 rusak ringan. Di Bireun, data sementara menyebutkan 104 rumah rusak berat dan 726 rusak ringan. Untuk Kabupaten Pidie Jaya 32 rumah rusak berat dan 981 rusak ringan. Data tersebut akan terus diperbaharui untuk memperoleh informasi penyerahan bantuan nantinya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Gelapkan Uang Penjualan Mobil Titipan, Pemilik showroom Duta Mobil di Ciduk Polisi

Wali-news, Banda Aceh – Kepolisian Daerah Aceh, Jumat