KH Drs Yakhsyallah Mansur : Ini 4 Penyebab Pecahnya Umat Islam

KH Drs Yakhsyallah Mansur : Ini 4 Penyebab Pecahnya Umat Islam

0
KH.Yakhsyallah Mansur (kedua dari kiri) usai mengisi pengajian KWPSI di Rumoh Aceh, Kupi Luwak (Foto : serambinews/ariframdan)

wali-news.com, Banda Aceh – Persatuan dan persaudaraan muslim merupakan sumber kekuatan umat Islam yang sangat ditakuti musuh-musuh di luar Islam. Hal tersebut disampaikan Ustaz KH Drs Yakhsyallah Mansur MA‎, Imam Jamaah Muslimin (Hizbullah) saat mengisi pengajian rutin Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI) di Rumoh‎ Aceh Kupi Luwak, Jeulingke Rabu (11/1) malam.

Perpecahan atau bergolong-golongan merupakan penyebab lemahnya umat Islam di hadapan umat lain. Menurutnya, paling tidak ada empat hal yang menjadi penyebab terjadinya perpecahan di tengah umat Islam, apalagi jika seseorang muslim itu kurang ilmu agamanya

Pertama, karena faktor politik (siyasah) atau berbeda pilihan dalam suatu urusan seperti dalam sebuah pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah yang memecah belah umat‎.

Kedua, soal Mazhab, masalah pilihan furuiyah yang bukan keyakinan seperti pemahaman yang dimiliki Imam Maliki, Syafi’i, Hambali dan Imam Hanafi memilih suatu pemahaman dengann dalil yang kuat‎.

“Soal pilihan mazhab ini sangat berpotensi memecah umat Islam. Seharusnya tak perlu diributkan. Makin luas ilmu dan pemahaman seorang muslim, maka makin mudah untuk dapat menerima perbedaan dalam ibadah dengan dalilnya masing-masing yang kuat,” terang Pembina Utama Pondok Pesantren Al- Fatah, Cileungsi, Bogor tersebut.

Ketiga, masalah Ashabiyah yaitu suku atau bangsa. Padahal tidak ada kelebihan seseorang manusia antara orang Arab dengan Indonesia, orang Aceh dengan suku Jawa kecuali taqwanya kepada Allah.

Keempat, bangga dengan pendapatnya serta tidak menerima pendapat orang lain juga bisa memecah belah umat. “Ada suatu pendapat yang ya, tapi tidak perlu ngotot karena kebenaran mutlak itu milik Allah.‎ Seperti perkataan Imam Syafi’i, “Pendapat saya benar, tapi masih mungkin salah. Pendapat orang lain salah, tapi masih mungkin benar”

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Apes Nian Nasib Residivis Ini, Baru Saja Hirup Udara Bebas, Kedapatan Curi Ranmor, Poro Kembali Masuk Tahanan

Wali-news.vom, Banda Aceh – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim)