Kilang Pertamina Balongan Meledak Diduga Karena Petir

Kilang Pertamina Balongan Meledak Diduga Karena Petir

0

Wali-News.com, Jakarta – Kilang Pertamina Balongan yang meledak dan menyebabkan terjadinya kebakaran pada tangki T-301G. Peristiwa itu terjadi tepatnya berada di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jabar pada Senin, pukul 00.45 WIB (29/03/2021).

Menurut Corporate Secretary PT. Kilang Pertamina, Ifki Sunarya, Tim Health Safety, Security, and Environment (HSSE) Pertamina Balongan telah berhasil melakukan pemadaman api di kilang Refinery Unit (RU VI) yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Dalam penjelasannya, penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir.

“Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran lanjutnya”. Ujar Ifki Sunarya

Untuk membantu proses evakuasi dan pengungsian sementara bagi warga sekitar yang terkena dampak, PT Pertamina telah menyiapkan fasilitas shelter di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendomo Kabupaten Indramayu.

“Saat insiden terjadi, ada 4 warga yang tengah melintas sehingga mengalami luka bakar dan langsung dirujuk untuk perawatan intensif di RSUD Indramayu”, tutur Ifki.

Dengan adanya insiden tersebut, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal

Kilang tersebut berlokasi di Indramayu (Jawa Barat) sekitar ±200 km arah timur Jakarta, dengan wilayah operasi di Balongan, Mundu dan Salam Darma.

Bahan baku yang diolah di Kilang RU VI Balongan adalah minyak mentah Duri dan Minas yang berasal dari Propinsi Riau. PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) VI Balongan merupakan kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero) dengan kegiatan bisnis utamanya adalah mengolah minyak mentah (Crude Oil) menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), Non BBM dan Petrokimia dan mulai beroperasi sejak tahun 1994.(TK)

Editor : Muslim

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Nekat Melintasi Perbatasan Untuk Mudik, 22 Orang Diswab Antigen, 1 Reaktif

Wali-news.com, Aceh Tamiang – Petugas gabungan yang terdiri