KIP Aceh Barat, Gelar Simulasi Pungutan Suara Kepada Siswa SMA

KIP Aceh Barat, Gelar Simulasi Pungutan Suara Kepada Siswa SMA

0

wali-news.com, Meulaboh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat, melakukan sosialisasi pemilu dan simulasi pemungutan suara untuk pemilih tingkat Siswa SMA dan pemula.

Kegiatan Sosialisasi tersebut, diikuti Puluhan Siswa perwakilan sejumlah SLTA yakni, MAN 2 MBO, SMKN 1 dan SMAN 1 yang ada di Kecamatan Sama Tiga, Kabupaten Aceh Barat. Untuk pemilu pada tahun 2019, yang dilaksanakan di Aula MAN 2 Meulaboh. Pada Kamis, (28/2), pagi.

Sosialisasi itu di khususkan untuk pemilih pemula yang diselenggarakan oleh relawan demokrasi (RELASI), dengan pemateri komisioner KIP Aceh Barat, Saiful Asra, S.soc., M.Sc.

“Kita mengajak seluruh pemilu pemula dan para siswa untuk menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya untuk Pemilu 2019 yakni memilih DPRK, DPRA, DPR-RI, DPD-RI dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden,” Ujar Saiful. Jum’at, (1/3/19).

Pada kegiatan tersebut, pihaknya menjelaskan bagaimana cara memilih yang benar melalui pengenalan surat suara, serta pendidikan politik. Sebab pada pemilu 2019 ini ada lima jenis warna kertas suara yang akan dibagikan saat hari pemungutan suara. Jelasnya.

Selain itu, Saiful menambahkan, para siswa sangat antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut cukup tinggi, karena ini merupakan ajang bagi mereka untuk menunjukkan dan menentukan Hak pilihnya, bukan hanya itu, siswa juga di ajarkan cara melakukan pencoblosan benar, dalam bentuk simulasi siswa langsung praktek bagaimana pemungutan suara di TPS.

“Ini kegiatan terakhir untuk sosialisasi tingkat pemilih pemula, sebelumnya KIP Aceh Barat bersama Relasi juga sudah malaksanakan kegiatan serupa di beberapa sekolah SMA dan kampus yang ada di Aceh Barat,” Sebutnya.

KIP Aceh Barat berharap melalui kegiatan sosialisasi tersebut dapat meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada pencoblosan 17 April 2019 nanti.

Mewakili temannya, Muhammad Rivaldo Siswa MAN 2 Meulaboh, Mengaku sangat senang dan bangga dengan adanya kegiatan sosialisasi tersebut, karena tahun ini adalah pertama baginya untuk mengikuti pemilihan umum.

“Dengan adanya kegiatan ini merasa sangat terbantu atas bimbingannya, sebelumnya ia mengaku belum tahu bagaimana cara melakukan pemilihan ke TPS, karena tahun ini merupakan pencoblosan pertama baginya, tapi sekarang mengerti,” Ujarnya, (Red).

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

FPMR Protes Keras Pemberian Gelar Kehormatan Pada PT MIFA Bersaudara

wali-news.com, Meulaboh – Aceh Barat – Forum Pemuda