Lakukan Audiensi, FPNP Ajak DLH Prov. Babel Tinjau Kegiatan Tambang Di Perairan Laut Bembang Kab. Bangka Barat

Lakukan Audiensi, FPNP Ajak DLH Prov. Babel Tinjau Kegiatan Tambang Di Perairan Laut Bembang Kab. Bangka Barat

0
Audiensi FPNP dengan DLH Prov. Kep. Babel

Pangkalpinang, Wali-News.com – Forum Persatuan Nelayan Pesisir Bangka Barat (FPNP-Bangka Barat) menggelar audiensi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Prov. Kep. Babel terkait dampak lumpur dan limbah serta dampak kerusakan ekosistem laut akibat kegiatan penambangan di Bembang yang disebabkan oleh kegiatan penambangan laut di Bembang Desa Sungai Buluh Kec. Jebus Kab. Bangka Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua BPD Air Nyatoh, Suwandi menyampaikan dalam satu bulan terakhir telah terjadi aktivitas Tambang Inkonvensional (TI) di Perairan laut Bembang, Desa Sungai Buluh, Kec. Jebus, Kab. Bangka Barat.

Suwandi juga menegaskan kehadiran aktivitas tambang tersebut telah memberikan dampak lumpur maupun limbah yang dapat mempengarui tumbuh kembang ekosistem dan biota laut dan juga dapat mengganggu sektor pariwisata di perairan Bembang

“Kehadiran aktivitas tambang di perairan Bembang telah menimbulkan keresahan masyarakat dikarenakan telah mengganggu para nelayan dalam mencari penghasilan sehari hari” ujar Suwandi ketika diwawancarai secara terpisah oleh Wali-News di gedung rapat DLH Prov. Kep. Babel

Suwandi juga menegaskan Perairan Bembang telah ditetapkan sebagai Lokasi Geopark Nasional oleh Gubernur Kep. Babel pada tanggal 24 Agustus 2020. Bahkan menurut RWZWP3K perairan Bembang merupakan zona budidaya serta zona pariwisata.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Prov. Kep. Babel, Eko Kurniawan mengatakan bahwa akan dilakukan verifikasi ke lapangan bersama tim internal DLH pada hari Jum’at, 09 Oktober 2020 untuk memonitoring secara langsung perkembangan situasi di lapangan.

“Secara resmi DLH telah menerima informasi yang diajukan dari Forum Nelayan Pesissir Bangka Barat mengenai aktivitas pertambanagn di perairan Laut Bembang. Kami juga mempunyai komitmen terhadap mekanime dalam melakukan verifikasi lapangan untuk dilaporkan kepada pimpinan” tutup Eko. (Fj/WN)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Babel Sayangkan Kebijakan Pembatalan Keberangkatan Haji 2021

Pangkalpinang, Wali-News.com – Keputusan pemerintah untuk tidak memberangkatkan