Mahasiswa Aceh Barat Unjukrasa

Mahasiswa Aceh Barat Unjukrasa

0

Wali-News.com, Meulaboh – Puluhan mahasiswa di Kabupaten Aceh Barat menggelar aksi unjukrasa refleksi 20 Mei reformasi 1998 Orde Baru (Orba) di ruas jalan Nasional depan kantor DPRK setempat. Kamis (24/5/2018).

Koordinator aksi, Nasrijal Lanta mengatakan, unjukrasa tersebut dilakukan sebagai bentuk protes, dimana Indonesia saat ini seolah-olah kembali kepada masa Orba yang bersifat anti kritik.

“Tuntutan kita yakni pemerintah harus segera mencabut UU MD3, MoU TNI Polri dan Perppu Ormas,” ujarnya.

Pihaknya menilai, bahwa keberadaan UU MD3 membatasi hubungan antara negara dan rakyat, sehingga hal itu bersifat kaku dan pemerintah sendiri menjadi anti kritik.

MoU TNI Polri, Kata Nasrijal, kembali keterlibatan militer dalam permasalahan rakyat juga dapat menyebabkan sentimen nantinya, “Dan ini serupa seperti pada era orba, dimana Militer dilibatkan dalam urusan rakyat,” katanya.

Dirinya menjelaskan, perjuangan reformasi 20 tahun silam terjadi akibat gerahnya atau ketidakpuasaan rakyar terhadap kepemimpinan orde baru sehingga menyengsarakan. Kondisi ekonomi memburuk, supremasi hukum yang melindungi penguasa, tindakan KKN merajalela ditubuh penguasa dan anti kritik, sehingga melibatkan represif sebagai tameng untuk melindungi kekuasaan pada saat itu.

“Bahkan beberapa kebijakan pemerintah seperti embrio dan New Orba dengan mempersempit ruang demokrasi, kembali keterlibatan militer dalam permasalahan rakyat , pemerintah anti kritik dilindungi oleh UU, ekonomi yang carut marut, korupsi menjamur, dan tidak ada lapangan kerja bagi rakyat indonesia,” jelas Nasrijal. []

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Nekat Melintasi Perbatasan Untuk Mudik, 22 Orang Diswab Antigen, 1 Reaktif

Wali-news.com, Aceh Tamiang – Petugas gabungan yang terdiri