Mahasiswa Tuntut Pemrintah Cabut Izin PT EMM

Mahasiswa Tuntut Pemrintah Cabut Izin PT EMM

0

MEULABOH (Wali-News.com) – Ratusan mahasiswa tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Anti Penindasan (GeMAP) melakukan akai unjuk rasa di Tugu Pelor Meulaboh, Aceh Barat, menuntut pemerintah pusat mencabut izin terhadap PT Emas Mineral Murni (PT EMM) di Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Rabu (26/9/2018).

Para mahasiswa yang berpakaian jas almamater serba kuning tersebut juga menampilkan aksi teaterikal terhadap penolakan tambang. Aksi tersebur seraya menyambut hari tani 24 Sepetember lalu.

“Menteri ESDM harus bisa mengeluarkan kebijakan yang melambangkan demokrasi, bukan memaksa ekploitasi alam tanpa persetujuan masyarakat,” kata Koordinator aksi, Rian.

Mahasiswa yang berunjuk rasa membentangkan spanduk dan poster bertuliskan tuntutan secara nasional dan penyelesaian kasus yang terjadi di daerah.

Dikatakannya, bahwa hadirnya perusahaan tambang itu dapat merusak habitat alam dan membuat kondisi disekitar menjadi daerah yang rawan bencana alam.

Selain menuntut untuk tidak dioperasikan PT EMM, para mahasiswa itu juga menyesalkan kondisi Indonesia yang krisis akan demokrasi.

“Masih banyak persoalan pengusuran terhadap para petani dan juga pembungkaman demokrasi terhadap buruh dan mahasiswa,” kata Rian.

Setelah berorasi lama di bundaran Simpang Pelor Meulaboh, massa bergerak melakukan konvoi yang dikawal oleh mobil patroli pihak kepolisian. ()

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Jpu Tak Hadir Lagi. Sidang Kasus Mas Kurang Kadar Kembali Ditunda

Wali-news.com, Banda Aceh – Kuasa hukum Sunardi, Razman