Operasi Ginjal Lancar, Chairan Merasakan Negara Hadir Melalui JKN-KIS

Operasi Ginjal Lancar, Chairan Merasakan Negara Hadir Melalui JKN-KIS

0

Wali-news.com,Banda Aceh – Jaminan sosial menjadi hal yang penting bagi masyarakat untuk memberikan perlindungan khususnya perlindungan kesehatan. Tak terkecuali bagi Chairan MA (40) yang merupakan peserta JKN-KIS yang telah merasakan manfaat yang didapatnya. Chairan harus menjalani perawatan saat divonis oleh dokter menderita penyakit gagal ginjal kronis.

Chairan menceritakan, pada tahun 2015 saat dirinya baru kembali pendidikan di Malaysia ia mengalami gangguan saat buang air kecil dan terdeteksi terdapat batu diginjal namun karena tidak terlalu mengganggu maka ia tidak melanjutkan pemeriksaan. Barulah pada tahun 2018 Chairan kerap merasakan gejala yang cukup sering.

“Pada tahun 2018 saya sering merasakan sakit diginjal sebelah kanan dan sering mual-mual serta demam kemudian dilarikan ke rumah sakit. Berdasarkan hasil laboratorium, ureum kreatinin tinggi yaitu mencapai 20 dimana normalnya ureum kreatinin itu dari 0-7 dan pada saat itu juga diambil tindakan oleh dokter saya harus melakukan cuci darah,” ungkap Chairan yang ditemui di Banda Aceh beberapa waktu lalu.

Selain melakukan cuci darah, pada tahun 2019 Chairan harus dilakukan operasi pengangkatan batu diginjalnya yang tidak hanya terdapat disatu ginjal namun juga dikedua ginjalnya terdapat batu yang harus segera diangkat.

“Batu yang terdapat dikedua ginjal saya sudah sangat besar yaitu sebesar telur bebek dan itu harus segera dioperasi. Pada saat operasi saya sempat mengalami pendarahan karena saya mengkonsumsi obat heparin atau obat pengencer darah bagi pasien cuci darah kemudian saya sempat dilarikan ke ICU. Setelah melewati itu semua, Alhamdulillah saya bisa sadar dan dilanjutkan hari keduanya diharuskan cuci darah kembali dimana kondisi masih terasa nyeri pasca operasi,” ucap Chairan sambil menunjukkan bekas operasi diperutnya.

Dengan matanya berkaca-kaca, Chairan menyampaikan yang membuatnya semangat untuk sembuh adalah salah satunya ingin melihat pertumbuhan anak semata wayangnya yang beranjak besar. Selain itu tenaga medis yang merawatnya terus memberi semangat untuk melalui tahapan penyembuhan di rumah sakit pusat rujukan di Provinsi Aceh yaitu RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh.

“Saya bersyukur selama mendapatkan pelayanan kesehatan tidak ada biaya sedikitpun yang dikeluarkan, berterima kasih sekali semua ditanggung oleh JKN-KIS hingga saat ini kondisi saya sudah jauh lebih baik. Sekarang saya hanya perlu kontrol ke dokter saja untuk melihat perkembangan fungsi ginjal saya tanpa perlu cuci darah lagi,” kata Chairan.

Terakhir Chairan mengatakan sangat beruntung bisa merasakan manfaat JKN-KIS yang tidak membeda-bedakan pelayanan kesehatan. Disinilah Chairan merasakan negara hadir untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada masyarakat.(rq)

Editor : Abdar

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Dema UIN Ar-Raniry Temui Rektor Minta Laksanakan Perkuliahan 100%

Wali-news.com, Banda Aceh – Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema)