Pemkab Simeulue Gelar Hari Pekan, Hasil Tani Warga Jadi Primadona

Pemkab Simeulue Gelar Hari Pekan, Hasil Tani Warga Jadi Primadona

0

Wali-news, Simeulue – Hari Pekan Warga Transmigrasi Kabupaten Simeulue, hari ini (Jum’at, 25/9/2020) mulai digelar di Pasar Terminal Kota Sinabang.

Pemerintah Kabupaten Simeulue melalui kerjasama antara Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) dengan Dinas Perhubungan dan juga segenap stakeholder, melakukan inisiasi untuk membantu akses pasar hasil pertanian milik warga transmigrasi Kawasan Selaut UPT 1 Sigulai Kecamatan Simeulue Barat, UPT 1 Latiung dan Lataling Kecamatan Teupah Selatan.

Pantauan media Wali News, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Simeulue, Ahmadlyah, SH, turut mengunjungi untuk meninjau pergelaran pasar di lokasi tersebut sekaligus Launching Hari Pekan. Dirinya menyampaikan agar kepada penyelenggara, penjual dan juga pengunjung pasar untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

Hari Pekan yang beroperasi setiap hari Jumat di Pasar Terminal Kota Sinabang itu, tersedia aneka ragam hasil perkebunan seperti sayur-sayuran, cabe, terong, dan lainnya milik warga transmigrasi.

Pendamping Transmigrasi Kawasan Selaut UPT 1 Sigulai, Khalid Sastrawan, SE menyebutkan kepada Wartawan Wali News di Lokasi Pasar itu bahwa sasaran awal pembeli adalah dari kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam wilayah Kabupaten Simeulue.

“Target pembeli pada tahap ini kita menjaring dari kalangan PNS, dan Pak Sekda sudah menyampaikan itu. Selanjutnya, akan kita evaluasi bagaimana progress dari hasil penjualan ini, mungkin kedepan sasaran pembeli akan kita perluas lagi seperti merangkul rekan-rekan Tenaga Kontrak Daerah, Aparat Desa, dan juga tentu kepada warga sipil,” Jumat (25/9/2020).

Lebih lanjut Khalid menjelaskan, warga transmigrasi yang mendiami Kawasan Selaut UPT 1 Sigulai Kecamatan Simeulue Barat berjumlah 139 KK yang terdiri dari 122 KK warga lokal dan 17 KK warga dari luar Pulau Simeulue. Sementara, untuk warga transmigrasi kawasan UPT Latiung sebanyak 350 KK dan warga Transmigrasi Lataling Kecamatan Teupah Selatan sebanyak 40 KK.

Khalid, selaku Pendamping untuk warga Transmigrasi Kawasan Selaut UPT 1 Sigulai yang ditugaskan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi RI melaui Program Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi, ia mengatakan “Hari Pekan Warga Transmigrasi kiranya dapat berkelanjutan satu minggu sekali setiap hari jumat bahkan mampu beroperasi setiap hari,” harapnya.

Selain itu, SF (37) warga trans, salah seorang penjual di pasar tersebut mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Simeulue yang telah memfasilitasi akses pasar. Dirinya juga berharap kepada Pemerintah agar memberikan dukungan teknis dan akses permodalan kepada warga transmigrasi, apa lagi saat pandemi sekarang ini.

“Terima kasih kepada Pemkab Simeulue telah menjembatani atas ketersediaan tempat berjualan ini. Harapan lainnya, agar Pemerintah membantu pengembangan lahan pertanian kami dan juga memberikan akses permodalan seperti Bumdes, Koperasi, maupun Kredit Usaha Rakyat (KUR),” tutupnya.(Ras)

Editor : Muzakkir

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Gelapkan Uang Penjualan Mobil Titipan, Pemilik showroom Duta Mobil di Ciduk Polisi

Wali-news, Banda Aceh – Kepolisian Daerah Aceh, Jumat