Pendidikan Luar Sekolah Sebuah Harapan Untuk Kemajuan

Pendidikan Luar Sekolah Sebuah Harapan Untuk Kemajuan

0

Penulis : Gratia Wing Artha*

Pendidikan luar sekolah sering kali dianggap sebagai pendidikan yang kurang populer atau kurang diharapkan. Hal ini dikarenakan pendidikan luar sekolah belum terlalu dikenalkan pada masyarakat dan masyarakat bahkan para siswa masih sangat awam dengan pendidikan luar sekolah.

Pendidikan luar sekolah sejatinya akan sangat berguna bagi pembangunan sumber daya manusia Indonesia, dimana dengan adanya pendidikan luar sekolah akan memberikan peluang atau kesempatan kepada masyarakat yang tidak bisa mendapatkan pendidikan formal untik memperoleh ilmu pengetahuan yang layak. Dari sinilah pendidikan luar sekolah akan mendidik masyarakat agar dapat berkompetisi dengan tantangan dan perubahan sosial yang sekarang ini telah berkembang pesat.

Maka, sangatlah tepat bila pendidikan luar sekolah mengisi ruang – ruang kosong yang tidak ditempati oleh pendidikan formal. Selayaknya pendidikan yang dekat dengan masyarakat pendidikan luar sekolah patut untuk dipertimbangkan sebagai komponen pembangunan nasional dan pendidikan luar sekolah dapat menjadi garda utama bagi upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Bila dicermati dengan perspektif pendidikan kritis pendidin luar sekolah dapat menjadi pendidikan pembebas masyararakat dari kebodohan dan pembodohan yang mana melalui pendidikan luar sekolah inilah masyarakat dapat memiliki peluang untuk mengembangkan diri dan belajar untuk mengembangkan potensi yang sudah ada. Inilah yang disebut pendidikan yang mencerdaskan dan mencerahkan yang mana pendidikan harus memberikan dan membuktikan manfaatnya secara langsung untuk masyarakat serta negara.

Maka pendidikan luar sekolah dapat dijadikan kekuatan guna mengembangkan kemampuan dan potensi yang sudah ada pada masyarakat , dimana pendidikan luar sekolah akan memberikan serangkaian pelatihan yang akan meningkatkan keterampilan masyarakat agar dapat mengembangkan usahanya.

Seperti di Bondowoso pemerintah dapat menjadikan pendidikan luar sekolah sebagai basis untuk mengembangkan ekonomi masyarakat yang mana dengan pendidikan luar sekolah akan melatih masyarakat untuk dapat mengembangkan produktivitas produksi dan manajemen pemasaran. Dalam hal ini pendidikan luar sekolah dapat berperan sebagai pendorong peningkatan kesejahteraan sosial melalui program pelatihan dan pemberdayaan masyarakat.

Program pelatihan dan pemberdayaan masyarakat inilah yang akan menjadi kekuatan agar masyarakat memiliki daya saing guna menghadapi tantangan zaman. Dari sinilah pendidikan luar sekolah turut berkontribusi sebagai wahana perubahan sosial masyarakat.

Sejatinya pendidikan luar sekolah merupakan marupakan kekuatan untuk memberikan kehidupan bagi masyarakat yang mana melalui pendidikan luar sekolah akan membawa masyarakat Indonesia menuju kehidupan yang lebih baik lagi. Dalam hal ini pendidikan luar sekolah akan menjadi kunci pengembangan dan pemberdayaan masyarakat berkelanjutan.

*Penulis merupakan Mahasiswa S2 Sosiologi FISIP UNAIR dan Pemerhati Masalah Sosial

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

DPC Permahi Babel Gelar Majelis Ilmu Bahas Amandemen Konstitusi

Pangkalpinang, Wali-News.com — Kamis  (16/9) kemarin, Dewan Pimpinan