Peran Penting Sejarah

Peran Penting Sejarah

0
Gratia Wing Artha (Ist.)

Penulis : Gratia Wing Artha*

Sejarah saya rasa kata ini mengandung makna yang mendalam, bagaimana tidak dengan sejarah manusia dapat menghayati eksistensinya, bahkan dengan sejarah manusia akan menemukan jati diri kemanusiaannya.

Saya melihat sejarah sebagai suatu proses manusia menemukan jati dirinya. Dengan kata lain sejarah membawa manusia merasakan ruang – ruang yang selama ini sulit dijelajahi manusia. Pernah saya berfikir bahwa ruang – ruang itu merupakan sari pati sejarah yang sudah membawa kita kedalam alam pikiran ruang waktu.

Alam pikiran ruang waktu itu kita sebut dengan sejarah. Agak susah bila kita berfikir bahwa sejarah hanya rentetan nama, tahun, dan tanggal. Bagi saya sejarah merupakan refleksi kritis manusia guna mendapatkan jati diri sebagai homo sapien. Perlu diketahui bahwa sejarah akan menjaga kita bila kita memahami hakikat sejarah.

Saya pernah berfikir untuk lebih menelusuri masa lampau guna melihat peta masa depan pembangunan negara ini. Inilah yang saya sebut sebagai sejarah adalah gerbang melihat kenyataan – kenyataan sosial. Secara kritis saya sangat percaya dengan refleksi kritis menjadi manusia yang memiliki naluri kesejaharan.

Dengan memiliki naluri kesejarahan manusia akan merasakan makna menjadi manusia. Perlu diketahui bahwa sejarah memiliki arti dan makna yang sangat dalam terlebih sejarah mengajarkan manusia cara untuk memahami dinamika hidup.

Dari sini saya menekankan akan pentingnya filsafat sejarah yang mana filsafat sejarah memberikan makna akan keberadaan manusia yang memiliki nilai penting dalam pergulatan ruang dan waktu sejarah. Bahkan, melalui sejarah manusia dapat belajar untuk menemukan identitasnya sebagai manusia kembali.

Dalam hal ini tidak terlalu berlebihan bila saya berfikir bahwa sejarah akan membangkitkan manusia dari ketidakberdayaannya. Yang mana sejarah dapat menegaskan nilai – nilai kemanusiaan yang bermuara pada kedewasaan hidup.

Secara kritis kita perlu memahami sejarah untuk menjadikan diri kita ( manusia) menjadi lebih bijaksana lagi. Yang mana sejarah akan membawa manusia pada titik temu kedewasaannya. Jadi sejarah benar – benar akan memberikan kita refleksi kritis akan menjadi manusia dan memberi makna akan kemanusiaan.

Perlu diketahui bahwasannya pemaknaan akan sejarah adalah gerbang atau solusi dari kebobrokan yang ada dan terjadi sekarang ini. Bahkan, melalui pemaknaan akan kesejarahan kita akan memiliki nalar kreatif dan kritis untuk membangun dan menavigasikan kemajuan masyarakat ke arah yang lebih baik. Maka dari itu marilah kita mulai mempelajari sejarah.

*Penulis merupakan Mahasiswa S2 Sosiologi FISIP UNAIR dan Pemerhati Masalah Sosial

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Keprihatinan Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia

Penulis : Gratia Wing Artha* Dunia pendidikan di