Operasi Patuh Seulawah 2020 Digelar, Lengkapi Ini Saat Berkendara

Operasi Patuh Seulawah 2020 Digelar, Lengkapi Ini Saat Berkendara

0

Wali-news, Banda Aceh – Satlantas Polresta Banda Aceh akan melaksanakan kegiatan Operasi Patuh Seulawah 2020 mulai hari ini, 23 Juli hingga 5 Juni mendatang. Berlangsung di tengah Pandemi Corona, kegiatan tersebut digelar dengan sistem hunting guna mencari titik rawan pelanggaran lalu lintas.

“Ini merupakan bagian dari penerapan protokol kesehatan sehingga petugas akan mengatur jarak selama operasi dengan menjaga jarak dengan pengendara,” kata Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto, SH melalui Kasat Lantas AKP Yasnil Akbar Nasution, SIK, Kamis (23/07/20).

Menurut Kasatlantas, selama pelaksanaan operasi, petugas telah diminta untuk mematuhi protokol kesehatan dengan tidak melakukan penindakan atau razia disatu lokasi. Petugas lanjut Yasnil akan berpindah ke lokasi lain jika di lokasi awal tidak lagi menemukan pelanggar.

Kasatlantas Polresta Banda Aceh, Yasnil Akbar Nasution memeriksa kelengkapan pengendara saat razia di hari pertama Operasi Patuh Seulawah 2020, Kamis (23/07/20). Photo: Ist

“Ini sudah masuk perencanaan kami sebelum masa operasi berjalan. Jadi kami akan melaksanakan razia dilokasi  yang banyak pelanggarnya,” ungkap Yasnil.

Tak hanya menerapkan sistem hunting atau berpindah-pindah lokasi, petugas juga akan melengkapi diri dengan sarung tangan dan masker saat bertugas. Petugas juga tetap mengedepankan tindakan preemtif, preventif, persuasif serta humanis dalam kegiatan tersebut.

Petugas akan memfokuskan penindakan pada 7 jenis pelanggaran diantaranya pengendara yang tidak menggunakan helm SNI, pengendara roda empat yang tidak menggunakan Safety Belt, dan pengemudi kenderaan roda empat yang melebihi batas kecepatan.

“Petugas juga akan memfokuskan penindakan pada pengendara yang melawan arus dan mabuk. Sementara bagi pemotor saat mengemudi dilarang menggunakan HP serta pengendara yang masih dibawah umur,” jelas Yasnil.

” Ini merupakan prioritas pelaksanaan Operasi Patuh Seulawah 2020. Tak terkecuali kelengkapan surat kenderaan serta SIM bagi pengendara kenderaan,” tambah Yasnil.(Win)

Editor : Arman

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Cegah Penyebaran Covid-19, Jaksa Kejari Aceh Besar Turun ke Jalan

Wali-news, Aceh Besar – Sejumlah jaksa dari Kejaksaan