Pertumbuhan Ekonomi dan Ketenagakerjaan Provinsi Gorontalo

Pertumbuhan Ekonomi dan Ketenagakerjaan Provinsi Gorontalo

0
Rapat BPS Provinsi Gorontalo, Source : Istimewa

Gorontalo (Wali-News.com) – Gorontalo merupakan provinsi baru yang merupakan pemekaran dari Provinsi Sulawesi Utara, namun memiliki perkembangan yang cukup pesat dan terus meningkat.

“Gorontalo memiliki pertumbuhan yang cukup baik dengan penyumbang paling dominan berada di sektor pertanian, kehutanan, dan kelautan” ujar Eko Marsono, Ketua BPS Provinsi Gorontalo pada rapat yang diadakan di Kantor BPS Gorontalo Senin, 4 November 2018.

Beberapa komoditas utama dalam bidang pertanian adalah jagung yang memiliki masa tanam sekitar 6 bulan dan padi dengan panen sebanyak 5 kali dalam kurun waktu 2 tahun.

Selain itu dalam rapat tersebut juga membahas tentang pengangguran di Provinsi Gorontalo yang cukup banyak mulai dari SD, SMP, SMK, SMA, dan Sarjana. Namun kebanyak pekerja justru berasal dari lulusan SD sedangkan pengangguran kebanyakan dari SMK, SMA, dan Sarjana.

“Meskipun banyak pekerja dari SD, karena itu kualitas pekerja masih sangat rendah dan jenis pekerjaannya pun masih serabutan. Kebanyakan dari mereka gengsi ingin bekerja kantoran, padahal banyak potensi pekerjaan seperti wirausaha dan jasa yang cukup menjajikan di sini.” ujar Eko.

Harus adanya peningkatan kualitas pekerja dan penurunan gengsi, karena potensi pekerjaan di Provinsi Gorontalo sangat luas mulai dari pariwisata higga ekonomi yag penting tidak dilihat gengsinya. jika dikelola dengan baik dan manajeman yang baik juga serta dukungan dari pemerintah Provinsi Gorontalo dapat berkembang lebih pesat dan maju lagi. (RC)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Kemerdekaan Adalah Hak Segala Bangsa

wali-news.com, Opini – Polisi Israel dilaporkan menyerang jemaah Muslim