Presiden Tetapkan 111 Pulau Terluar, 7 Diantaranya Ada Di Provinsi Aceh

Presiden Tetapkan 111 Pulau Terluar, 7 Diantaranya Ada Di Provinsi Aceh

0
Pulau Weh, Sabang, Provinsi Aceh

wali-news.com, Banda Aceh – Presiden Joko Widodo secara resmi telah menetapkan 111 Pulau Terluar yang tersebar di 22 Provinsi Republik Indonesia

Seperti yang dilansir di halaman resmi sekretariat kabinet (setkab), Selasa (7/3). Penetapan tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penetapan Pulau-Pulau Kecil Terluar pada 2 Maret 2017 lalu.

“Dengan pertimbangan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2002 tentang Daftar Koordinat Geografis Titik-Titik Garis Pangkal Kepulauan Indonesia sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2008 terdapat perubahan jumlah Pulau-Pulau Kecil Terluar, sehingga menjadi 111 (seratus sebelas) Pulau-Pulau Kecil Terluar menetapkan 111 (seratus sebelas) Pulau sebagai Pulau-Pulau Kecil Terluar,” bunyi Pasal 1 Keppres tersebut.

Selain itu, pada saat Keputusan Presiden ini mulai berlaku, maka ketentuan dalam Pasal 1 ayat (2) dan Lampiran Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil Terluar, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

“Pulau-Pulau Kecil Terluar sebagaimana dimaksud disusun dalam daftar yang terdiri dari nama pulau, nama lain pulau, perairan, koordinat titik terluar, titik dasar dan petunjuk jenis garis pangkal, dan provinsi, sebagaimana tercantum dalam Lampiran 1 dan lampiran 2 yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Presiden ini” terang Kepres tersebut

Dari daftar lampiran 111 pulau dalam Kepres tersebut, 7 diantaranya berada di Provinsi Aceh antara lain:

1. Pulau Simeulue Cut

2. Pulau Salaut Besar

3. Pulau Raya

4. Pulau Rusa

5. Pulau Bateeleblah

6. Pulau Rondo

7. Pulau Weh

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Aceh Utara Dikepung Banjir, 1.430 KK Dan 4.518 jiwa mengungsi

Wali-news, Aceh Utara-Banjir yang melanda sejumlah kecamatan di