Rencanakan Investasi di PPS Kuta Raja Lampulo, Kadis DKP Aliman Terima Kunjungan Dirut PT PBS

Rencanakan Investasi di PPS Kuta Raja Lampulo, Kadis DKP Aliman Terima Kunjungan Dirut PT PBS

0

Wali-News.com, Banda Aceh – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh (DKP) Aceh, Aliman, S.Pi., M.Si menerima kunjungan Direktur Utama PT Perikanan Berkah Samudra (PT PBS), Ahmad Soetopo, Sekretaris Perusahaan, Arif Karyadi Uswandi serta Anggota Komisi IV DPR RI asal Aceh, Ir H TA Khalid MM, pada Sabtu (17/7/2021).

Pertemuan yang berlangsung di Hotel Kyriad Banda Aceh antara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh dengan Managemen PT PBS tersebut untuk membahas rencana investasi pada sektor perikanan di Pelabuhan Perikanan Samudera Kutaraja Lampulo Banda Aceh 

Rencananya, pihak PT PBS akan melakukan investasi pembangunan gudang penyimpanan ikan (Cold Storage) dan armada penangkapan ikan dengan kapasitas ukuran 10.000 Gros Tonnage (GT) di Kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera Kutaraja.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, managemen PT PBS sudah meninjau langsung fasilitas yang tersedia di PPS Kutaraja Lampulo, seperti Gudang Beku Terintegrasi PPS Lampulo, tempat pendaratan kapal hingga aktivitas nelayan di lokasi pelabuhan.

Pada tahap awal PT PBS berencana akan mulai mengoperasikan kapal purse seine ukuran 135 GT sebanyak 2 unit, jika rencana tahap awal berjalan lancar, PT PBS akan menambah armada dengan total keseluruhan mencapai 10.000 GT

“Kami sudah melihat secara langsung kondisi Pelabuhan Perikanan Samudera Kutaraja Banda Aceh, peluangnya untuk kita kembangkan cukup besar di sini dan pelabuhannya juga rapi serta bersih”. Ujar Achmad Soetopo.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Aliman, S.Pi.,M.Si menyampaikan, pihaknya menyambut baik rencana investasi PT PBS di PPS Kuta Raja Lampulo

Dalam kesempatan itu, Kadis KKP Aceh Aliman, memaparkan sejumlah potensi investasi di sektor kelautan dan perikanan di Aceh, terutama di bidang perikanan tangkap yg masih terbuka lebar dan cukup menjanjikan, dimana pada masa pandemi Covid-19 sektor ini tetap tumbuh positif

“Kita sangat mendukung pihak Investor yang akan melakukan investasi di kawasan (PPS) Kutaraja Banda Aceh, tentu ini membuka peluang baru dan terbukanya lapangan kerja dengan adanya Investasi,”kata Aliman.

Aliman juga menambahkan, dengan adanya perusahaan yang berinvestasi dibidang perikanan tangkap, maka pontensi sumberdaya ikan di perairan Aceh dapat dimanfaatkan secara maksimal dengan adanya armada-armada kapal yang mampu menjangkau perairan laut lepas.

“Aceh memiliki potensi SDI yang bernilai ekonomis tinggi, untuk sektor industri, seperti, Tuna Sirip Kuning, Cakalang, Tongkol, dan berbagai jenis ikan pelagis lainya,” terangnya.

Lebih lanjut, tambah Kadis DKP Aceh, adanya kawasan pengembangan ekonomi berbasis usaha penangkapan ikan yang dikembangkan secara terintegrasi oleh pemerintah, maupun swasta dan masyarakat dalam kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera Kutaraja Lampulo Banda Aceh, akan mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah, penciptaan lapangan kerja dan pendapatan masyarakat kawasan Pelabuhan.

Untuk mewujudkan rencana investasi tersebut, lanjut Aliman, Dinas Kelautan dan Perikanan  Aceh, akan menyiapkan berbagai fasilitas untuk mendukung terealisasinya investasi tersebut. [*]

Editor : Muslim

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Empat Dokter Aceh Terima Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan dari Presiden Jokowi

Wali-News.com, Banda Aceh — Empat Dokter asal Aceh