Rencana Pengalihan Pelabuhan Teluk Sinabang, Kadis DKP Aceh Aliman : Kita Sambut Positif untuk Kemajuan Sektor Kelautan dan Perikanan Aceh

Rencana Pengalihan Pelabuhan Teluk Sinabang, Kadis DKP Aceh Aliman : Kita Sambut Positif untuk Kemajuan Sektor Kelautan dan Perikanan Aceh

0

Wali-News.com, Banda Aceh — Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh melaksanakan rapat terkait peningkatan status Pelabuhan Perikanan Teluk Sinabang di bawah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Selasa (27/7/2021).

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri RI nomor 523/313 tanggal 19 Juli 2021 perihal tindak lanjut Percepatan Pengalihan Personil, Pendanaan, Sarana dan Prasarana serta Dokumentasi (P3D) Urusan Kelautan dan Perikanan.

Dalam surat tersebut, KKP meminta agar Pemerintah Aceh melalui DKP Aceh agar dapat mengelola Pelabuhan Teluk Sinabang sebagai calon Unit Pelaksana Teknis (UPT-KKP) untuk dikembangkan menjadi kawasan perikanan terpadu dan industri perikanan tangkap.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Aliman S, Pi, M,Si tersebut turut dihadiri oleh pihak Inspektur Aceh, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh, Kepala Biro Tata Pemerintah Aceh, Kepala Biro Ekonomi Sekda Aceh, dan Kepala Biro Hukum Pemerintah Aceh serta sejumlah pejabat lain di lingkungan DKP Aceh.

Kadis DKP Aceh Aliman S, Pi, M, Si dalam rapat tersebut menjelaskan bahwa, peningkatan status dan tata kelola Pelabuhan Perikanan Teluk Sinabang di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam rangka meningkatkan produktivitas dan pengembangan sektor perikanan di Kabupaten Simeulu.

“Terkait keinginan pihak Kementarian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk meningkatkan status Pelabuhan Perikanan Teluk Sinabang menjadi Unit Pelaksana Teknis, kita perlu mengkaji secara komprehensif terlebih dahulu. Baik secara menajemen tata kelola maupun kepemilikan aset Pelabuhan itu sendiri,” kata Aliman.

Namun lanjut Aliman, sejauh keinginan tersebut membawa dampak untuk kemajuan sektor Kelautan dan Perikanan Aceh, pihaknya akan menyambut positif keinginan KKP untuk meningkatkan status keberadaan Pelabuhan Perikanan Teluk Sinabang yang ada di Kabupaten Simeulue menjadi Unit Pelaksana Teknis.

“Peningkatan status pengelolaan Pelabuhan Perikanan Teluk Sinabang di bawah  Unit Pelaksana Teknis (UPT) semakin mempermudah aktivitas di pelabuhan, baik secara manajemen pelayanan Pelabuhan maupun aktivitas lain yang berkaitan dengan perikanan,” jelas Aliman.

Aliman juga menambahkan, sesuai dengan PER. 20/PERMEN-KP/2014 tanggal 16 Mei 2014 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan dan pelayanan pemanfaatan sumber daya ikan, serta keselamatan operasional kapal perikanan.

Sehingga dengan adanya peningkatan status pengelolaan pelabuhan perikanan di bawah Unit Pelaksana Teknis (UPT) akan membuka ruang untuk pengembangan kawasan pelabuhan perikanan kearah yang lebih maju

“Dalam Permen tersebut diberikan wewenang khusus kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT), untuk pengembangan Pelabuhan Perikanan secara menyeluruh,” Tutup Aliman yang juga Koordinator Presidium KAHMI Aceh Besar tersebut. (MM)

Editor : Muslim

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Empat Dokter Aceh Terima Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan dari Presiden Jokowi

Wali-News.com, Banda Aceh — Empat Dokter asal Aceh