Resmi Dilantik, Pengurus dan Paralegal LBH KUBI Berkomitmen Tingkatkan Layanan Bantuan Hukum Kepada Masyarakat Miskin

Resmi Dilantik, Pengurus dan Paralegal LBH KUBI Berkomitmen Tingkatkan Layanan Bantuan Hukum Kepada Masyarakat Miskin

0
Pelantikan Pengurus LBH KUBI (Ist.)

Pangkalpinang, Wali-News.com – Lembaga Bantuan Hukum Keadilan Untuk Bangsa Indonesia (LBH KUBI) resmi melantik pengurus dan tenaga paralegalnya pada Senin (12/7) di Kota Pangkalpinang.

Pelantikan tersebut juga menandakan momentum awal penguatan layanan bantuan hukum kepada masyarakat miskin oleh LBH KUBI yang notabene telah bergerak membantu masyarakat sejak Agustus 2020 silam.

“LBH KUBI, yang menginduk kepada Yayasan Keadilan Untuk Bangsa Indonesia, berkomitmen untuk terus memberikan bantuan hukum kepada masyarakat kurang mampu. Ke depannya, LBH KUBI juga akan fokus pada pemanfaatan teknologi guna mempermudah pemberian bantuan hukum;” ujar pembina Yayasan Keadilan Untuk Bangsa Indonesia, Lenny Septriani dalam sambutannya.

Dengan pelantikan yang telah dilakukan, maka LBH KUBI resmi dipimpin oleh Aprizal Pallewa selaku Direktur LBH KUBI, didampingi Syarifudin Tanjung selaku Sekretaris LBH KUBI.

Selanjutnya, LBH KUBI juga melantik para tenaga paralegalnya yang tersebar di seluruh kab/kota se-Prov. Kep. Babel.

Pasca pelantikan, kegiatan kemudian dilanjutkan seminar bantuan hukum bertema “Legal Aid as Access to Justice” yang bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas para pengurus dan tenaga paralegal LBH KUBI.

“Kondisi geografi hingga tingkat pendidikan dapat menjadi faktor adanya sebagian masyarakat yang kesulitan mengakses bantuan hukum. Selain itu, meskipun telah ada dasar hukumnya, namun pelaksanaan pemberian bantuan hukum hingga saat ini berjalan dengan optimal,” ujar salah satu narasumber seminar, Arianto yang juga menjabat sebagai salah seorang Kasubbid di Kanwil Kemenkumham Prov. Kep. Babel.

“Masyarakat kurang mampu juga seringkali termarjinalkan untuk mengakses bantuan hukum dan keadilan. Namun demikian, pemerintah bekerjasama dengan para advokat dan praktisi hukum selalu berupaya memberikan bantuan hukum khususnya kepada masyarakat miskin,” tambahnya.

Narasumber lainnya, Harpian dalam kapasitasnya yang juga menjabat sebagai Kabag Bantuan Hukum di Pemprov. Kep. Babel, menyatakan bahwa bantuan hukum bertujuan salah satunya untuk memberikan akses kepada masyarakat miskin dalam mengakes keadilan.

“Pemprov. Kep. Babel juga dapat menyelenggarakan bantuan hukum melalui Perda No. 41 Tahun 2015 dan Pergub Kep. Babel No. 47 Tahun 2017. Oleh karena itu, Pemprov Kep Babel berharap dapat menjalin kerjasama yang kuat dengan OBH lainnya termasuk LBH KUBI,” papar Harpian.

“Selain itu, mulai tahun depan, layanan bantuan hukum juga menjadi bagian dari program pokok pikiran DPRD Prov. Kep. Babel. Kebijakan tersebut dalam rangka menindaklanjuti aspirasi masyarakat Babel,” tambahnya.

Sementara itu, Rio Armanda selaku narasumber ketiga, dalam paparannya mengatakan bahwa saat ini memang masih terjadi kesenjangan pelayanan hukum di tengah masyarakat.

“Di sisi lain, jumlah LBH di Prov. Kep. Babel juga belum mencukupi apabila dibandingkan dengan jumlah penduduk. Oleh karena itu, kehadiran paralegal yang bernaung di bawah LBH KUBI diharapkan dapat menjadikan layanan bantuan hukum lebih baik,” tutupnya.

Diwawancarai secara terpisah, Direktur LBH KUBI Aprizal Pallewa mengatakan bahwa pelantikan pengurus dan tenaga paralegal LBH KUBI agar menambah energi advokasi hukum.

“Langkah LBH KUBI yang merekrut mahasiswa sebagai tenaga paralegal juga bertujuan agar ke depannya para mahasiswa dapat menjadi perpanjangan tangan para praktisi hukum hingga ke tingkat desa,” paparnya.

Ditambahkannya, kehadiran LBH KUBI sendiri bertujuan untuk membantu masyarakat untuk memperoleh keadilan melalui bantuan hukum.

“Apalagi di Bangka Belitung ini, masih banyak masyarakat kecil yang kebingungan apabila berhadapan dengan masalah hukum. Dengan demikian, adanya pelantikan dan seminar ini sebagai media untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa LBH KUBI siap mendampingi masyarakat yang memerlukan bantuan hukum,” jelas Aprizal.

Sementara bagi masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan hukum dari LBH KUBI, dapat langsung menghubungi media sosial LBH KUBI seperti @lbh_kubi (Instagram), lbh.kubi (Facebook), dan telepon di nomor 0812-7848-3822 (a.n. Direktur LBH KUBI).

“Semua layanan yang diberikan oleh LBH KUBI kepada masyarakat tidak dipungut apapun,” tutup Aprizal. (Jp/WN)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

DPC Permahi Babel Gelar Majelis Ilmu Bahas Amandemen Konstitusi

Pangkalpinang, Wali-News.com — Kamis  (16/9) kemarin, Dewan Pimpinan