Rupiah Tersungkur Hinga Rp14.100 per Dolar AS

Rupiah Tersungkur Hinga Rp14.100 per Dolar AS

0

Wali-News.com, Jakarta – Laju kurs rupiah terhadap dolar AS masih terpuruk. Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar AS (Jisdor), hari ini posisi mata uang Garuda menembus level Rp 14.100 per dolar AS tepatnya Rp 14.107 per dolar AS. Angka itu lebih lemah dibandingkan posisi kemarin yang masih di level Rp 14.074 dolar AS.

Menanggapi hal itu, dilansir Republika.co Chief Economist Bank Mandiri Anton H Gunawan menilai, kenaikan suku bunga acuan itu tidak akan terlalu berdampak signifikan. “Ya karena suku bunga lending saja rata-rata 10 persen, jadi kalau naik 25 bps kecil,” jelas Anton di Jakarta.

Meski begitu, kata dia, peningkatan suku bunga tersebut akan berpengaruh ke sentimen pasar. Pasalnya, hal itu menunjukkan BI tidak behind the curve.

“Setelah naikkan 25 bps, kami prediksi di kuartal berikutnya di kuartal tiga, BI akan naikkan suku bunga acuan sebesar 25 bps lagi. Sambil melihat saat itu tekanan rupiahnya seperti apa,” katanya.

Meski begitu, ia meyakini, kurs rupiah akan segera bangkit. Dengan begitu sampai akhir tahun diharapkan tidak mencapai level Rp 15 ribu per dolar AS. []

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Lima Anak Berkebutuhan Khusus Wakili Aceh Pada FLS2N Tingkat Nasional 2021, ini nama-namanya

Wali-news.com, Banda Aceh – Sebanyak lima Peserta Didik