Satgas Saber Pungli Diharapkan Memberantas Pungli

Satgas Saber Pungli Diharapkan Memberantas Pungli

0

wali-news, Manado – Staf Ahli Kementerian Hukum dan HAM R.I Asep Kurnia selaku Ketua Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar hadir dalam Pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Peraturan Presiden No.87 Tahun 2016 tentang “Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar” yang dilaksanakan kemarin (25/4) di Hotel Aston Manado.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Sulawesi Utara Evans Steven Liow ini dihadiri oleh Unsur-unsur dari Pemerintahan Daerah, Kementerian dan Lembaga, serta Rektor, Dekan dan Mahasiswa perwakilan dari Perguruan tinggi di Sulawesi Utara. Dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulut sendiri, Kepala Divisi Pemasyarakatan dan seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan dan Keimigrasian ambil bagian dalam kegiatan ini.

Dalam sambutannya Asep Kurnia menyampaikan bahwa program Nawacita yang ditetapkan Presiden R.I sebagai agenda guna mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian tentunya harus didukung oleh Kerja Nyata yang diantaranya adalah Reformasi Birokrasi yang bertujuan untuk memulihkan kepercayaan publik.

Pemberantasan Pungutan liar yang masuk dalam program prioritas Reformasi birokrasi yang tertulis pada Peraturan Presiden no.87 tahun 2016 dianggap perlu karena saat ini praktek pungutan liar telah merusak sandi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, terbukti dengan penelitian Libang Kompas pada tanggal 29-31 maret 2017 bahwa pemberantasan pungli dinilai belum efekti sesuai dengan data kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pegawai Pemerintahan pada layanan publik yang hanya mencapai 57,7 % sehingga perlu adanya upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efisien dan mampu menimbulkan efek jera.

Mengakhiri sambutannya beliau memberikan harapan khusus kepada semua jajaran yang hadir agar dengan adanya sosialisasi ini dapat lebih mendorong dan memberi semangat untuk bekerja dengan sungguh-sungguh demi masa depan yang lebih bermartabat dan bebas dari praktek pungli. (Ar)

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

300 Pelajar Barsel Ikuti Vaksinasi Covid dari BINDA Kalteng

Wali-news.com. Ratusan pelajar dari sejumlah sekolah di Kabupaten