Sebanyak 24 Orang Anggota PPK Tambahan, Dilantik KIP Aceh Barat

Sebanyak 24 Orang Anggota PPK Tambahan, Dilantik KIP Aceh Barat

0

wali-news.com, Meulaboh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat melakukan pelantikan terhadap 24 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tambahan di Aula DP3AKB. Rabu, (2/1/19).

Kegiatan pelantikan tersebut turut juga dihadiri Bupati Aceh Barat, diwakili oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan, Kapolres Aceh Barat, Para Komisioner KIP Aceh Barat , Kejaksaan Negeri Meulaboh, Ketua Pengadilan Negeri Meulaboh, Kepala Kesbangpol, Dekan FISIP UTU dan komisioner Panwaslih Aceh Barat.

T. Novian Nukman Ketua KIP Aceh Barat dalam sambutannya menyampaikan, Proses rekrutmen PPK ini merupakan amanat Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 31/PUU-XVI/2018 tanggal 23 Juli 2018, terkait jumlah Anggota Panitia Pemilhan Kecamatan (PPK) pada Pemilu Tahun 2019 dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 36 Tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan Komisi Pemulihan Umum (KPU) Nomor 3 Tahun 2018 tentang pembentukan dan tata Kerja PPK, PPS dan KPPS, bahwa jumlah Anggota PPK kembali menjadi 5 Orang, dimana sebelumnya hanya 3 orang sesuai dengan UU 7 Tahun 2017. Pungkasnya

Novian menjelaskan, proses dan mekanisme perekrutan PPK tambahan Pemilu 2019 ada perbedaan, sesuai dengan Surat Edaran dan Juknis yang kami terima dari KPU Perekrutan dan tahapan seleksi PPK Tambahan tidak lagi sepenuhnya dilakukan langsung oleh KIP.

“Namun perekrutannya dilakukan berdasarkan rekomendasi dari lembaga yang ditunjuk oleh KIP Aceh Barat, dalam hal ini adalah FISIP UTU. KIP Aceh Barat telah menetapkan 2 (dua) orang Anggota PPK se Kabupaten Aceh Barat tambahan sebanyak 24 orang terpilih untuk masa kerja selama 6 Bulan mulai januari s/d juni 2019”, ujar Novian

ketua Kip Aceh Barat berharap, dalam menjalankan tugas kepemiluan, agar dapat mengedepankan kerjasama tim serta senantiasa melakukan koordinasi baik dengan PPS, sesama anggota PPK maupun dengan KIP Aceh Barat.

“Kita juga berpesan, agar PPK yang baru dapat berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Panwaslu agar dapat bekerja dengan baik, sehingga dalam pemilihan pemilu tahun 2019 berjalan sesuai tahapan yang telah ditentukan”. Harapannya (*)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Nekat Melintasi Perbatasan Untuk Mudik, 22 Orang Diswab Antigen, 1 Reaktif

Wali-news.com, Aceh Tamiang – Petugas gabungan yang terdiri