Sofyan Suri : Wacana Referendum untuk siapa ?

Sofyan Suri : Wacana Referendum untuk siapa ?

0

wali-news.com, Meulaboh – Ketua Forum Persaudaraan Keuchik Aceh barat Sofyan Suri, menilai wacana H. Muzakir Manaf yang akrab disapa Mualem tentang Referendum sarat dengan kepentingan pribadi dan kelompok tertentu.

“Kalau berbicara soal referendum berarti kita berbicara soal kedaulatan, keadilan dan kesejahteraan. Berarti saya mulai mengajukan pertanyaan, jika referendum itu terwujud, apakah rakyat Aceh akan memiliki kedaulatan di negeri sendiri? apakah rakyat akan mendapatkan keadilan dan kesejahteraan? saya rasa tidak sama sekali,” Kata Sofyan Suri kepada wartawan. Kamis, (30/5/19).

Sofyan juga menilai, setelah Aceh damai hampir seluruh tampuk kepemimpinan
di Aceh dipegang oleh para elite yang dulu juga pernah menyuarakan masalah Referendum, namun kondisi saat ini pasca MoU damai dengan dana yang mengalir ke Aceh sungguh begitu besar, rakyat Aceh masih banyak hidup di bawah garis kemiskinan. Ujarnya.

“Pada saat konflik dulu, Rakyat Aceh banyak yang menjadi korban, ada yang kehilangan anak, kehilangan istri, juga kehilangan orang tua mereka. Para elite yang dulunya bergerilya di Aceh untuk mewujudkan Kemerdekaan aceh sekarang hidup senang menjadi saudagar, istripun bertambah”. Cetusnya.

Apa pernah para elite itu menanyakan tentang Ayah, Ibu, Anak dan sahabat mereka yang telah gugur di medan tempur pada saat mereka masih sama-sama berjuang untuk Aceh? Apa pernah menanyakan ke anak yatim dan korban konflik lainnya, adakah baju baru untuk lebaran? atau sudah adakah daging untuk hari meugang? kata-kata itu tidak pernah terdengar seumur hidup mereka”. Tegas Sofyan suri.

Menurutnya, Kekalahan 02 bukan berarti kekalahan orang Aceh karena di Aceh juga ada pemilih 01, siapapun yang tepilih menjadi pemimpin itulah pemimpin kita semua, jangan menjebak rakyat Aceh ke dalam ambisi pribadi atau kepentingan kelompok tertentu.

Saya menantang Mualem untuk melakukan debat terbuka dengan diliput oleh seluruh Media dan disaksikan oleh seluruh rakyat Indonesia terkait wacana Referendum yang sudah dikembangkannya yang sangat meresahkan Rakyat Aceh saat ini”. Pungkas Sofyan Suri. (Red)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Giok Aceh kembali jadi Incaran kolektur Batu

Aceh Besar/wali-news.com Berbagai macam cara orang mencari kesenangan,