Tanggapan Kepala DKP Sumbar Terkait Fenomena Ubur-Ubur Blue Bottle

Tanggapan Kepala DKP Sumbar Terkait Fenomena Ubur-Ubur Blue Bottle

0

wali-news.com, Padang- Fenomena munculnya ubur-ubur jenis blue bottle salah satu jenis ubur-uber beracun yang biasanya banyak ditemukan di perairan Australia kini banyak ditemukan di sejumlah pantai di Sumbar, yakni Pantai Pariaman, Pantai Tiku, Kabupaten Agam, dan Pantai Pasir Jambak, Kota Padang.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Yosmeri menjelaskan, kemunculan ubur-ubur blue bottle diduga terjadi akibat perubahan suhu dan iklim sehingga ubur-ubur blue bottle berimigrasi ke perairan indonesia.

Dengan kemunculan ubur-ubur blue bottle di perairan sumbar membuat beberapa nelayan di pantai pariaman harus dilarikan  ke rumah sakit dan menajalani perawatan intensif karena terkena sengatan ubur-ubur blue bottle sendiri. beruntung tidak ditemukan ada korban yang sampai meninggal  tersengatan ubur-ubur blue bottle.

“Untuk saat ini belum ada korban yang sampai meninggal, hanya ada korban yang keracunan dan panas tinggi dan kerugian belum ada karena tidak menggangu aktifitas nelayan”Ujarnya, Kamis (10/10).

Selain itu Yosmeri mengimbau kepada Wisatawan dan Nelayan untuk tidak memegang ubur-ubur blue bottle, dan kepada nelayan jika melihat segerombolan ubur-ubur diharap menghindari.

Selain memberi himbauan kepada wisatawan dan nelayan, Yosmeri juga meminta kepada DKP Kota dan Kabupaten untuk memberi sosialisasi bahaya ubur-ubur blue bottle ke masyarakat dan tetap memantau kondisi di lapangan. (Azizah)

 

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Diskusi Publik Mencari Solusi Polemik KPK oleh DPM Unpatti

wali-news.com,Ambon melihat kondisi saat ini yang sangat ramai membicarakan