Tiga Nelayan Aceh Ditangkap di India Kembali Dengan Selamat, Kepulangan Difasilitasi Dinsos Aceh

Tiga Nelayan Aceh Ditangkap di India Kembali Dengan Selamat, Kepulangan Difasilitasi Dinsos Aceh

0

Wali-news, Banda Aceh – Pemerintah Aceh menyambut kedatangan tiga nelayan Aceh yang ditangkap di India. Pemulangan tersebut disambut langsung oleh Kepala Dinas Sosial Aceh.

Ketiga nelayan itu adalah Munazir (34) warga Kampong Jawa, Kecamatan Kuta Raja, Banda Aceh, Kaharuddin (43) warga Gampong Labuhan, Kecamatan Sungai Raya, Aceh TImur, dan Azmansyah (30) warga Dusun Pante Raya, Gampong Blang Nie, Kecamatan Simpang Ulim, Aceh Timur.

Kepala dinas sosial Aceh, Alhudri mengatakan, para nelayan di tangkap karena melewati batas perairan dan masuk ke perairan India tanpa izin saat kmencari ikan tuna di lautan lepas.
“Mereka awalnya terjebak kabut asap saat hendak menangkap ikan tuna dan hilang kontak selama 20 hari,” kata Alhudri, saat di wawancar. Kamis (08/10/2020).

Selanjutnya, Karena diklaim bersalah lantaran memasuki wilayah perairan negara itu tanpa izin, ketiganya pun ditahan dalam sel selama hampir 5 bulan di India.

Kemudian pada 22 September 2019 lalu, Dinas Sosial Aceh melalui KKP RI menerima laporan dari KBRI New Delhi terkait tiga nelayan Aceh tersebut.
“Beberapa bulan lalu, ketiganya mendapat vonis bebas dari Pengadilan India dan posisi mereka masih berada di Port Blair Nicobar, India dan perlu difasilitasi pemulangan ke Indonesia, Aceh,” ujar Alhudri.

Kepulangan Mereka dibawa pulang oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI berkoordinasi dengan KBRI New Delhi dan disambut oleh Pemerintah Aceh di Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Aceh.

Setelah melakukan proses, pada 24 Juni 2020 Dinas Sosial Aceh mendapat informasi dari KKP, pembiayaan pemulangan tiga nelayan Aceh itu hingga tiba di Aceh dibebankan pada anggaran Jenderal Pengawasan SDM KKP RI.

“Mereka akhirnya dipulangkan pada 5 Oktober 2020 menggunakan maskapai Indigo melalui New Delhi ke Jakarta. Dan pada hari ini, 8 Oktober ketiga saudara kita ini tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda dengan Pesawat Garuda,” tegasnya.(Dar)

Editor : Chairan Manggeng

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Lagi, Polda Aceh Kembali Amankan Tujuh Preman Pelaku Pungli

Wali-news.com, Banda Aceh – Kepolisian Daerah (Polda) Aceh