Tuntut Hak, Mantan Tapol Napol Aceh Gelar Aksi di Kemenkumham Aceh

Tuntut Hak, Mantan Tapol Napol Aceh Gelar Aksi di Kemenkumham Aceh

0
Ratusan Tapol Napol Aceh Menggelar Aksi Unjuk Rasa di Kantor Kemenkumham Aceh, Kamis (30/3)

wali-news.com, Banda Aceh – Sekitar seratusan massa yang berasal dari tahanan politik (Tapol) dan Narapidana Politik (Napol) menggelar aksi unjukrasa di kantor Kemenkumham Aceh Banda Aceh, Kamis (30/3)

Aksi ini dilakukan untuk mengadu kepada Kemenkumham terkait keinginan Tapol Napol yang menuntut Gubernur Aceh agar dapat bertemu dengan perwakilan Tapol/Napol untuk merealisasikan hak-haknya yang telah tercantum di dalam butir-butir MoU Helsinky serta Reintegrasi Tapol Napol Aceh ke dalam Masyarakat.

Penanggung jawab aksi Maslina mengatakan bahwa ini merupakan aksi mereka yang kesekian kali dalam mencari cara menjumpai gubernur Aceh.

” Tujuan kami kesini untuk menyampaikan secara detil dan formil, sehingga Kemenkumham Aceh mengetahui apa persoalan di Aceh terhadap napol dan tapol ini,” ujar wakil ketua DPD Ikatan Wanita Pembangunan Indonesia (IKAWAPI) Aceh ini.

Lebih lanjut dia berharap agar Kemenkumham Aceh menyampaikan permasalah tersebut kepada pemerintah Aceh serta segera merealisasikan hak-hak Tapol Napol Aceh ini.

Koordinator lapangan Aksi Reintegrasi Tapol Napol kedalam masyarakat, Teungku Muhammad mengatakan bahwa menginginkan Tapol Napol Aceh yang memperoleh amnesti untuk mendapatkan kesejahteraan hidup.

” Kami menginginkan para tahanan yang mendapatkan amnesti ini untuk mendapatkan alokasi dana, pekerjaaan yang layak serta jaminan sosialnya,” ujarnya.

Menurutnya upaya untuk menjumpai gubernur Aceh sudah beberapa kali dilakukan, namun selalu saja gagal.

” Abu Doto pernah berupaya membantu untuk mendapatkan hak-hak tapol napol Aceh, namun hingga saat ini wacana itu tidak berjalan, bahkan menurutnya jumpai gubernur saja sangat susah,” ujarnya.

Dikatakannya, tapol napol Aceh ini pernah juga mendatanginya di pendopo namun lagi-lagi tidak berhasil menjumpai gubernur. Para pengunjuk rasa ini merupakan tapol napol yang berasal dari berbagai Kabupaten di Aceh.

” Kami mengadu ke Kemenkumham Aceh ini, agar mendapatkan arahan serta petunjuk dalam memperjuangkan hak-hak kami,” pungkasnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

AMM Lakukan Aksi Mogok Makan di Halaman DPR Aceh

Wali-nees, Banda Acwh- Anak Muda Menggugat ( AMA)