UPTD. Puskesmas Jaya Baru Berikan Penyuluhan Keliling BEK PEKACO IE

UPTD. Puskesmas Jaya Baru Berikan Penyuluhan Keliling BEK PEKACO IE

0

wali-news.com, Banda Aceh – Ada-ada saja ide kreatif dari Kepala UPTD. Puskesmas yang satu ini. Adalah kepala UPTD. Puskesmas Jaya Baru Kota Banda Aceh, Rina Arlini, S.KM, M.Kes yang memiliki ide kreatif dalam mengemas kegiatan di Unit Pelaksanan Teknis Dinas (UPTD) yang dipimpinnya.

Setelah sebelumnya sukses dengan kegiatan yang diberi nama Dimata Sekejab (Diskusi Diskusi Masalah Kesehatan di Sekitar Kecamatan Jaya Baru) kini perempuan kelahiran 15 Oktober 1975 ini kembali berkreasi. Kali ini dengan menggelar penyuluhan keliling dengan tema BEK PEKACO IE, singkatan dari Bentuk Kesadaran Pencegahan Kasus Corona Virus dengan Informasi dan Edukasi.

Bek Pekaco Ie sendiri merupakan kalimat peribahasa dalam bahasa Aceh yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia kurang lebih berarti Jangan Ganggu Air Yang Tenang.

UPTD. Puskesmas Jaya Baru Kota Banda Aceh, Rina Arlini, S.KM, M.Kes mengatakan, tanggap terhadap keresahan masyarakat terkait isu corona virus, UPTD. Puskesmas Jaya Baru Kota Banda Aceh berinisiatif memberikan penyuluhan keliling, agar tidak menimbulkan kepanikan. Salah satu wujud panik adalah menghilangnya masker dan antiseptik cuci tangan di pasar. Serta masyarakat yang datang ke puskesmas dan jaringan untuk meminta masker.

“Kita harus segera memberikan informasi kepada masyarakat sehingga masyarakat mengetahui langkah dan pencegahan tanpa menakut nakuti,” katanya.

Rina menambahkan, sebagai Kepala UPTD. Puskesmas Jaya Baru Kota Banda Aceh, melihat kondisi ini dirinya segera melakukan action dengan menurunkan tim promosi kesehatan untuk melakukan penyuluhan keliling SEKEJAB (di Sekitar Kecamatan Jaya Baru) dengan tema BEK PEKACO IE.

Melalui penyuluhan keliling ini masyarakat diimbau untuk menjaga kebersihan diri, cuci tangan dengan sabun, pengolahan makanan dan minuman dengan baik dan sehat, tutup mulut saat bersin dan batuk. Masyarakat juga diimbau jika demam disertai batuk dan sakit tenggorokan segera konsultasi ke dokter, tidak perlu panik. Insya ALLAH sehat dengan mengikuti anjuran dokter.

Dikatakannya, setelah acara dimata sekejab, tim promosi kesehatan diturunkan, dengan informasi dan edukasi terkait corona virus sampai menjangkau seluruh kecamatan.

Untuk corona virus, tambahnya, penyuluhan dilakukan sampai semua gampong di kecamatan jaya Baru dilewati dengan harapan semua terinformasikan. (MA)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Rumah Yatim Terima Bantuan Dari Satbrimob Polda Aceh dan Bhayangkari

Banda Aceh – Personil Satbrimob Polda Aceh dan Pengurus