UU Minerba Berlaku, Fordas Bangka Belitung Minta Pengelolaan Tambang Memperhatikan Kelestarian Lingkungan

UU Minerba Berlaku, Fordas Bangka Belitung Minta Pengelolaan Tambang Memperhatikan Kelestarian Lingkungan

0
Ketua Fordas Babel Fadillah Sabri (Ist.)

Pangkalpinang – UU Mineral dan Batubara (UU Minerba) No. 3 Tahun 2020 masih menimbulkan ragam pendapat. Pasalnya, dalam UU tersebut terdapat aturan pemberian Kewenangan Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang awalnya dikelola oleh pemerintah daerah beralih menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Menangapi perihal tersebut, Ketua Forum Daerah Aliran Sungai (Fordas) Bangka Belitung, Fadillah Sabri mengatakan bahwa ada baiknya tata kelola tambang di kelola oleh pemerintah pusat mengingat sulitnya perizinan tambang oleh pemerintah daerah.

“Akan tetapi rekomendasi dari pemerintah daerah kepada pemerintah pusat agar diperhatikan dan pemerintah pusat agar tidak semena – mena terhadap pemerintah daerah.” ujar Fadillah.

Menurut Fadillah Sabri, apabila pemerintahan pusat dan daerah melakukan pembagian secara jelas kepada daerah, kemungkinan akan membawa pertambangan ke arah yang lebih baik dan dengan pengelolahan kelestarian lingkungan.

“Diharapkan seluruh tambang–tambang rakyat diperhatikan dan peta zonasi diterapkan serta dapat ditegaskan secara hukum. Diharapkan tidak ada lagi orang – orang yang mampu meninterpensi pelanggaran tersebut,” “Selain itu, Fordas Babel juga meminta penindakan hukum yang tegas terhadap pelanggaran yang maraknya terjadi sekarang ini, baik di darat maupun dilaut”, tutup Fadillah Sabri. (Ra/WN)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Dugaan Pelanggaran Dalam Pilkada Beltim 2020, LBH KUBI: Unsur Delik Tindak Pidana Menghasut Tidak Terpenuhi

Pangkalpinang, Wali-News.com – Dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan