Warga Aceh Tetap Gelar Takbir Keliling

Warga Aceh Tetap Gelar Takbir Keliling

0
Pemuda Gampong Padang Bak Jeumpa, Kecamatan Tangan-Tangan bersiap melakukan pawai takbir keliling, Sabtu, (23/05/2020). Photo :Ist

Wali-News, Aceh Utara – Sejumlah warga di Kabupaten/ Kota di Provinsi Aceh tetap menggelar takbir keliling untuk menyambut hari raya Idulfitri 1441 Hijriah di tengah pandemi virus corona (Covid-19).Pantau Wali-news.com, Sabtu ( 24/05/2020) pawai takbir keliling setidaknya dilakukan sejumlah warga Gampong Tgk Dibale Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara dan sekelompok pemuda di Kabupaten Aceh Barat Daya.

Di Gampong Tgk Dibalee, pawai takbir dipusatkan di meunasah gampong tersebut.Usai Salat Isya, puluahan warga tampak menuju meunasah gampong setempat, guna menggelar takbir bersama. Mereka mengumandangkan takbir diiringi alat musik tradisional rebana. Tingginya antusias warga membuat suasana di Gampong Tgk Dibale tampak meriah.

Warga Gampong Tgk Dibale Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara menggelar takbir di Meunasah sebelum menggelar takbir keliling, Sabtu (23/05/2020). Photo: Azhari

Kita tetap menghormati kebijakan pemerintah, untuk itu kami melaksanakan takbiran di meunasah karena dengan takbir bersama hari kemenangan ini betul betul bisa kita rayakan dengan gembira,” kata Keuchik Gampong Tgk Dibale, Amrizal.

Menurut Amrizal, meski menggelar pawai takbir keliling gampong, pihaknya tetap menjalankan himbauan pemerintah untuk menerapakan protokol kesehatan. Keputusan untuk tetap melaksanakan pawai takbir keliling kata Amrizal dilakukan sesuai kesepakatan aparatur gampong dan warga.

Konvoi Takbir Keliling Sekelompok Pemuda di Abdya

Sementara itu di Kota Blangpidie, Aceh Barat Daya, pawai takbir keliling dilakukan sekelompok pemuda dari Gampong Padang Bak Jeumpa, Kecamatan Tangan-Tangan. Menggunakan 8 unit becak motor, mereka memulai konvoi takbir keliling sekira pukul 21.00 WIB atau usai Salat Isya.

Tak hanya obor, sekelompok pemuda tersebut juga menabuh rapai sambil mengumandangkan takbir. Menurut Ketua Pemuda Desa Padang Bak Jeumpa, Khairul Azmi, aksi tersebut murni inisiatif pemuda di gampong tersebut.

“Ini murni inisiatif kami pemuda. Pihak desa awalnya cuma mengizinkan keliling kampung saja, tapi setelah berembuk kami sepakat untuk takbir keliling di jalan raya. Pawai takbir keliling ini tradisi turun temurun dan tidak enak bila ditinggalkan,” ungkap Khairul.

Addarun Nafis, salah satu peserta takbir mengaku senang bisa melaksanakan tradisi pawai takbir ini meski ditengah Pandemi Corona (Covid-19).”Alhamdulillah, masih bisa kami laksanakan meski dalam keterbatasan. Saat di jalan pun tadi, banyak pemuda dari desa lain yang ikut nimbrung,” ujar Addarun.

Sementara itu, Herman, Keuchik Gampong Padang Bak Jeumpa, menyatakan aksi tersebut dilakukan para pemuda setelah meminta izin kepada aparatur gampong.”Para pemuda memang sempat memberitahukan, lalu kami sampaikan bahwa sesuai surat edaran Camat, hanya dibolehkan keliling dalam kampung saja.

Bila kemudian mereka melakukan pawai diluar kampung, itu murni keinginan mereka sendiri, namanya juga anak-anak muda. Tapi yang jelas, secara aturan kami sudah sampaikan kalau hal itu dilarang,” kata Herman.Pantauan Wali-news.com pawai takbir yang awalnya hanya diikuti puluhan pemuda gampong tersebut akhirnya turut diikuti oleh pemuda gampong lainnya.

Kondisi tersebut membuat peserta yang awalnya hanya puluhan bertambah hingga mencapai seratusan.Aksi pawai takbir keliling dilakukan sekelompok pemuda tersebut dengan menempuh rute Gampong Padang Bak Jeumpa hingga ke Jembatan Krueng Baru atau perbatasan Aceh Barat Daya dan Kabupaten Aceh Selatan.

Meski memperbolehkan warga melaksanakan Salat Idul Fitri di Masjid maupun di Lapangan terbuka, Tausyiah Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh, melarang warga melaksanakan pawai takbir keliling melalui surat keputusan nomor 5 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Bulan Ramadhan dan Kegiatan Keagamaan lainnya Tahun 1441 Hijriah. (Azh/Fau)

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Pandemi Corona, Pemerintah tidakan keberangkatan jemaah haji 2020 ke Arab Saudi

Wali-News, Banda Aceh – Pemerintah memutuskan tidak memberangkatkan